CONTOH RPP SEJARAH MINAT X/1 SMA DARUSY SYAFAAH

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 1 PERTEMUAN 1

Sekolah                                 :SMA DARUSY SYAFA’AH

Mata Pelajaran                    : Sejarah (PEMINATAN)

Kelas/Semester                    : X/GANJIL

Materi Pokok                        : Manusia dan Sejarah

Alokasi Waktu                     : 4 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-1 (3 x 45 Menit)

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Memahami bahwa kehidupan manusia terkait dengan ruang dan waktu

·         Membuat laporan  hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu

·         Memahami konsep perubahan dan berkelanjutan dalam kehidupan manusia

·         Membuat laporan  hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan

·         Menganalisis pengertian sejarah

·         Menganalisis perbedaan kehidupan manusia pada masa lalu dengan masa sekarang

·         Menganalisis keterkaitan persitiwa sejarah kehidupan manusia pada masa lalu dengan kehidupan masa kini

·         Menyusun karya ilmiah tentang hasil kajian mengenai  keterkaitan kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

Orientasi , Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Apersepsi

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

Motivasi

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi yang dipelajari

Pemberian Acuan

·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

·         Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

·         Pembagian kelompok belajar

·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti (105  Menit )

Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)

Literasi

            Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

·         Melihat (tanpa atau dengan alat) Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam

mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujurdan pantang menyerah (Karakter)

·         Mengamati(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)

·         Membaca(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi)

materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan materi

v   Mendengar

pemberian materi oleh guru

v   Menyimak, (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)

   Siswa  diminta  untuk  mengamati  dan  menganalisis  gambar  tersebut  dan  mengaitkannya  dengan  hasil  bacaan  mereka  dan menuliskan hasil pengamatannya.

Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
 Critical Thinking (Berpikir Kritis):

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi ataupun gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar

Data collection (pengumpulan data)

Collaboration (Kerja Sama):

   Peserta   didik   dibentuk   dalam   beberapa   kelompok   untuk   mempraktikan,   mendiskusikan,   mengumpulkan   informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi tentang materi

Data processing (pengolahan Data) Communication (Komunikasi)

   Peserta  didik  mempresentasikan  hasil  diskusi  kelompok  secara  klasikal,  mengemukakan  pendapat  atas  presentasi  yang dilakukan  tentang materi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan,.

     Peserta didik mengamati dan memberi tanggapan terhadap hasil presentasi kelompok lain.

Verification (pembuktian)  Creativity (Kreativitas)

   Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang materi yang dipelajari

   Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan materi yang akan selesai dipelajari

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini, Guru memberikan penguatan dan kesimpulan ,Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme, Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

Mengetahui

KEPALA Sekolah

 

ALI GHUFRON,S.Pd

NIP.

 

Kotagajah 11 Juli 2020

Guru Mata Pelajaran

 

Karlina Dwi Yulianti,S.Pd

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 1 PERTEMUAN 2

Sekolah                                 : SMA DARUSY SYAFA’AH

Mata Pelajaran                    : Sejarah

Kelas/Semester                    : X/1

Materi Pokok                        : Manusia dan Sejarah

Alokasi Waktu                     : 4 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-2 (3 x 45 Menit)

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Memahami bahwa kehidupan manusia terkait dengan ruang dan waktu

·         Membuat laporan  hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu

·         Memahami konsep perubahan dan berkelanjutan dalam kehidupan manusia

·         Membuat laporan  hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan

·         Menganalisis pengertian sejarah

·         Menganalisis perbedaan kehidupan manusia pada masa lalu dengan masa sekarang

·         Menganalisis keterkaitan persitiwa sejarah kehidupan manusia pada masa lalu dengan kehidupan masa kini

·         Menyusun karya ilmiah tentang hasil kajian mengenai  keterkaitan kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

Orientasi , Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Apersepsi

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

Motivasi

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi yang dipelajari

Pemberian Acuan

·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

·         Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

·         Pembagian kelompok belajar

·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti (105  Menit )

Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)

Literasi

            Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

·         Melihat (tanpa atau dengan alat) Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam

mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujurdan pantang menyerah (Karakter)

·         Mengamati(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)

·         Membaca(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi)

materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan materi

v   Mendengar

pemberian materi oleh guru

v   Menyimak, (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)

   Siswa  diminta  untuk  mengamati  dan  menganalisis  gambar  tersebut  dan  mengaitkannya  dengan  hasil  bacaan  mereka  dan menuliskan hasil pengamatannya.

Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
 Critical Thinking (Berpikir Kritis):

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi ataupun gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar

Data collection (pengumpulan data)

Collaboration (Kerja Sama):

   Peserta   didik   dibentuk   dalam   beberapa   kelompok   untuk   mempraktikan,   mendiskusikan,   mengumpulkan   informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi tentang materi

Data processing (pengolahan Data) Communication (Komunikasi)

   Peserta  didik  mempresentasikan  hasil  diskusi  kelompok  secara  klasikal,  mengemukakan  pendapat  atas  presentasi  yang dilakukan  tentang materi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan,.

     Peserta didik mengamati dan memberi tanggapan terhadap hasil presentasi kelompok lain.

Verification (pembuktian)  Creativity (Kreativitas)

   Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang materi yang dipelajari

   Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan materi yang akan selesai dipelajari

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini, Guru memberikan penguatan dan kesimpulan ,Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme, Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

Mengetahui

KEPALA Sekolah

 

ALI GHUFRON,S.Pd

NIP.

 

Kotagajah 11 Juli 2020

Guru Mata Pelajaran

 

Karlina Dwi Yulianti,S.Pd

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 1 PERTEMUAN 3

Sekolah                                 :SMA DARUSY SYAFA’H

Mata Pelajaran                    : Sejarah

Kelas/Semester                    : X/1

Materi Pokok                        : Manusia dan Sejarah

Alokasi Waktu                     : 4 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-3  (3 x 45 Menit)

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Memahami bahwa kehidupan manusia terkait dengan ruang dan waktu

·         Membuat laporan  hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu

·         Memahami konsep perubahan dan berkelanjutan dalam kehidupan manusia

·         Membuat laporan  hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan

·         Menganalisis pengertian sejarah

·         Menganalisis perbedaan kehidupan manusia pada masa lalu dengan masa sekarang

·         Menganalisis keterkaitan persitiwa sejarah kehidupan manusia pada masa lalu dengan kehidupan masa kini

·         Menyusun karya ilmiah tentang hasil kajian mengenai  keterkaitan kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

Orientasi , Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Apersepsi

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

Motivasi

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi yang dipelajari

Pemberian Acuan

·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

·         Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

·         Pembagian kelompok belajar

·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti (105  Menit )

Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)

Literasi

            Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

·         Melihat (tanpa atau dengan alat) Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam

mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujurdan pantang menyerah (Karakter)

·         Mengamati(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)

·         Membaca(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi)

materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan materi

v   Mendengar

pemberian materi oleh guru

v   Menyimak, (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)

   Siswa  diminta  untuk  mengamati  dan  menganalisis  gambar  tersebut  dan  mengaitkannya  dengan  hasil  bacaan  mereka  dan menuliskan hasil pengamatannya.

Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
 Critical Thinking (Berpikir Kritis):

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi ataupun gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar

Data collection (pengumpulan data)

Collaboration (Kerja Sama):

   Peserta   didik   dibentuk   dalam   beberapa   kelompok   untuk   mempraktikan,   mendiskusikan,   mengumpulkan   informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi tentang materi

Data processing (pengolahan Data) Communication (Komunikasi)

   Peserta  didik  mempresentasikan  hasil  diskusi  kelompok  secara  klasikal,  mengemukakan  pendapat  atas  presentasi  yang dilakukan  tentang materi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan,.

     Peserta didik mengamati dan memberi tanggapan terhadap hasil presentasi kelompok lain.

Verification (pembuktian)  Creativity (Kreativitas)

   Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang materi yang dipelajari

   Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan materi yang akan selesai dipelajari

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini, Guru memberikan penguatan dan kesimpulan ,Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme, Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

Mengetahui

KEPALA Sekolah

 

ALI GHUFRON,S.Pd

NIP.

 

Kotagajah 11 Juli 2020

Guru Mata Pelajaran

 

Karlina Dwi Yulianti,S.Pd

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 1 PERTEMUAN 4

Sekolah                                 :SMA DARUSY SYAFA’AH

Mata Pelajaran                    : Sejarah

Kelas/Semester                    : X/1

Materi Pokok                        : Manusia dan Sejarah

Alokasi Waktu                     : 4 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-4 (3 x 45 Menit)

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Memahami bahwa kehidupan manusia terkait dengan ruang dan waktu

·         Membuat laporan  hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu

·         Memahami konsep perubahan dan berkelanjutan dalam kehidupan manusia

·         Membuat laporan  hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan

·         Menganalisis pengertian sejarah

·         Menganalisis perbedaan kehidupan manusia pada masa lalu dengan masa sekarang

·         Menganalisis keterkaitan persitiwa sejarah kehidupan manusia pada masa lalu dengan kehidupan masa kini

·         Menyusun karya ilmiah tentang hasil kajian mengenai  keterkaitan kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

Orientasi , Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Apersepsi

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

Motivasi

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi yang dipelajari

Pemberian Acuan

·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

·         Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

·         Pembagian kelompok belajar

·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti (105  Menit )

Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)

Literasi

            Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

·         Melihat (tanpa atau dengan alat) Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam

mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujurdan pantang menyerah (Karakter)

·         Mengamati(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)

·         Membaca(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi)

materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan materi

v   Mendengar

pemberian materi oleh guru

v   Menyimak, (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)

   Siswa  diminta  untuk  mengamati  dan  menganalisis  gambar  tersebut  dan  mengaitkannya  dengan  hasil  bacaan  mereka  dan menuliskan hasil pengamatannya.

Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
 Critical Thinking (Berpikir Kritis):

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi ataupun gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar

Data collection (pengumpulan data)

Collaboration (Kerja Sama):

   Peserta   didik   dibentuk   dalam   beberapa   kelompok   untuk   mempraktikan,   mendiskusikan,   mengumpulkan   informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi tentang materi

Data processing (pengolahan Data) Communication (Komunikasi)

   Peserta  didik  mempresentasikan  hasil  diskusi  kelompok  secara  klasikal,  mengemukakan  pendapat  atas  presentasi  yang dilakukan  tentang materi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan,.

     Peserta didik mengamati dan memberi tanggapan terhadap hasil presentasi kelompok lain.

Verification (pembuktian)  Creativity (Kreativitas)

   Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang materi yang dipelajari

   Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan materi yang akan selesai dipelajari

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini, Guru memberikan penguatan dan kesimpulan ,Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme, Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

Mengetahui

KEPALA Sekolah

 

ALI GHUFRON,S.Pd

NIP.

 

Kotagajah 11 Juli 2020

Guru Mata Pelajaran

 

Karlina Dwi Yulianti,S.Pd

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Belum ada Komentar untuk "CONTOH RPP SEJARAH MINAT X/1 SMA DARUSY SYAFAAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel