CONTOH RPP SEJARAH MINAT X/1 SMA DARUSY SYAFAAH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 1 PERTEMUAN 1
Sekolah
:SMA DARUSY
SYAFA’AH
Mata
Pelajaran : Sejarah
(PEMINATAN)
Kelas/Semester
: X/GANJIL
Materi
Pokok : Manusia dan Sejarah
Alokasi
Waktu : 4 Minggu x 3
Jam Pelajaran @45 Menit
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
(3 x 45 Menit) |
Tujuan
Pembelajaran |
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat: ·
Memahami bahwa kehidupan manusia
terkait dengan ruang dan waktu ·
Membuat laporan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang
konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu ·
Memahami konsep perubahan dan
berkelanjutan dalam kehidupan manusia ·
Membuat laporan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang
konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan ·
Menganalisis pengertian sejarah ·
Menganalisis perbedaan kehidupan
manusia pada masa lalu dengan masa sekarang ·
Menganalisis keterkaitan
persitiwa sejarah kehidupan manusia pada masa lalu dengan kehidupan masa kini ·
Menyusun karya ilmiah tentang
hasil kajian mengenai keterkaitan
kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini |
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit) |
Orientasi , Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin |
Apersepsi Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, |
Motivasi Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. Apabila materitema// projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi yang dipelajari |
Pemberian Acuan ·
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. ·
Memberitahukan tentang kompetensi
inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung ·
Pembagian kelompok belajar ·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran. |
Kegiatan
Inti (105 Menit ) |
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) Literasi ❖ Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada
materi melalui
pendekatan saintifik (mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) ·
Melihat (tanpa atau
dengan alat) Berpikir kritis dan
bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan
rasa ingin tahu, jujurdan pantang menyerah (Karakter) ·
Mengamati(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam
mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan
pantang menyerah (Karakter) ·
Membaca(dilakukan di
rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi) materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan materi v
Mendengar pemberian materi oleh guru v
Menyimak, (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam
mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan
pantang menyerah (Karakter) ❖ Siswa diminta untuk
mengamati dan menganalisis
gambar
tersebut dan mengaitkannya
dengan
hasil bacaan mereka
dan
menuliskan hasil pengamatannya. |
Problem
statemen (pertanyaan/identifikasi masalah) ❖ Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi ataupun gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar |
Data collection (pengumpulan data) Collaboration (Kerja
Sama): ❖ Peserta
didik
dibentuk dalam
beberapa
kelompok
untuk
mempraktikan,
mendiskusikan,
mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi tentang materi |
Data processing (pengolahan Data) Communication (Komunikasi) ❖ Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi
kelompok
secara
klasikal,
mengemukakan pendapat
atas presentasi yang
dilakukan tentang
materi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan,. ❖ Peserta didik mengamati dan memberi tanggapan terhadap hasil presentasi kelompok lain. |
Verification (pembuktian) Creativity (Kreativitas) ❖ Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang
materi yang dipelajari ❖ Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan materi yang akan selesai dipelajari |
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini, Guru memberikan penguatan dan kesimpulan ,Menyanyikan salah
satu lagu daerah nasionalisme, Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah
satu siswa. |
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui KEPALA Sekolah ALI GHUFRON,S.Pd NIP. |
|
Kotagajah 11 Juli 2020 Guru Mata Pelajaran Karlina Dwi Yulianti,S.Pd NIP. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 1 PERTEMUAN 2
Sekolah
: SMA
DARUSY SYAFA’AH
Mata
Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester
: X/1
Materi
Pokok : Manusia dan Sejarah
Alokasi
Waktu : 4 Minggu x 3
Jam Pelajaran @45 Menit
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-2
(3 x 45 Menit) |
Tujuan
Pembelajaran |
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat: ·
Memahami bahwa kehidupan manusia
terkait dengan ruang dan waktu ·
Membuat laporan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang
konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu ·
Memahami konsep perubahan dan
berkelanjutan dalam kehidupan manusia ·
Membuat laporan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang
konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan ·
Menganalisis pengertian sejarah ·
Menganalisis perbedaan kehidupan
manusia pada masa lalu dengan masa sekarang ·
Menganalisis keterkaitan
persitiwa sejarah kehidupan manusia pada masa lalu dengan kehidupan masa kini ·
Menyusun karya ilmiah tentang
hasil kajian mengenai keterkaitan
kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini |
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit) |
Orientasi , Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin |
Apersepsi Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, |
Motivasi Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. Apabila materitema// projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi yang dipelajari |
Pemberian Acuan ·
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. ·
Memberitahukan tentang kompetensi
inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung ·
Pembagian kelompok belajar ·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran. |
Kegiatan
Inti (105 Menit ) |
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) Literasi ❖ Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada
materi melalui
pendekatan saintifik (mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) ·
Melihat (tanpa atau
dengan alat) Berpikir kritis dan
bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan
rasa ingin tahu, jujurdan pantang menyerah (Karakter) ·
Mengamati(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam
mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan
pantang menyerah (Karakter) ·
Membaca(dilakukan di
rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi) materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan materi v
Mendengar pemberian materi oleh guru v
Menyimak, (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C)
dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur
dan pantang menyerah (Karakter) ❖ Siswa diminta untuk
mengamati dan menganalisis
gambar
tersebut dan mengaitkannya
dengan
hasil bacaan mereka
dan
menuliskan hasil pengamatannya. |
Problem
statemen (pertanyaan/identifikasi masalah) ❖ Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi ataupun gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar |
Data collection (pengumpulan data) Collaboration (Kerja
Sama): ❖ Peserta
didik
dibentuk dalam
beberapa
kelompok
untuk
mempraktikan,
mendiskusikan,
mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi tentang materi |
Data processing (pengolahan Data) Communication (Komunikasi) ❖ Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi
kelompok
secara
klasikal,
mengemukakan pendapat
atas presentasi yang
dilakukan tentang
materi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan,. ❖ Peserta didik mengamati dan memberi tanggapan terhadap hasil presentasi kelompok lain. |
Verification (pembuktian) Creativity (Kreativitas) ❖ Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang
materi yang dipelajari ❖ Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan materi yang akan selesai dipelajari |
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini, Guru memberikan penguatan dan kesimpulan ,Menyanyikan salah
satu lagu daerah nasionalisme, Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah
satu siswa. |
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui KEPALA Sekolah ALI GHUFRON,S.Pd NIP. |
|
Kotagajah 11 Juli 2020 Guru Mata Pelajaran Karlina Dwi Yulianti,S.Pd NIP. |
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 1 PERTEMUAN 3
Sekolah
:SMA
DARUSY SYAFA’H
Mata
Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester
: X/1
Materi
Pokok : Manusia dan Sejarah
Alokasi
Waktu : 4 Minggu x 3
Jam Pelajaran @45 Menit
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-3 (3 x 45 Menit) |
Tujuan
Pembelajaran |
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat: ·
Memahami bahwa kehidupan manusia
terkait dengan ruang dan waktu ·
Membuat laporan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang
konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu ·
Memahami konsep perubahan dan
berkelanjutan dalam kehidupan manusia ·
Membuat laporan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang
konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan ·
Menganalisis pengertian sejarah ·
Menganalisis perbedaan kehidupan
manusia pada masa lalu dengan masa sekarang ·
Menganalisis keterkaitan
persitiwa sejarah kehidupan manusia pada masa lalu dengan kehidupan masa kini ·
Menyusun karya ilmiah tentang
hasil kajian mengenai keterkaitan
kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini |
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit) |
Orientasi , Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin |
Apersepsi Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, |
Motivasi Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. Apabila materitema// projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi yang dipelajari |
Pemberian Acuan ·
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. ·
Memberitahukan tentang kompetensi
inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung ·
Pembagian kelompok belajar ·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran. |
Kegiatan
Inti (105 Menit ) |
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) Literasi ❖ Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada
materi melalui
pendekatan saintifik (mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) ·
Melihat (tanpa atau
dengan alat) Berpikir kritis dan
bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan
rasa ingin tahu, jujurdan pantang menyerah (Karakter) ·
Mengamati(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam
mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan
pantang menyerah (Karakter) ·
Membaca(dilakukan di
rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi) materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan materi v
Mendengar pemberian materi oleh guru v
Menyimak, (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam
mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan
pantang menyerah (Karakter) ❖ Siswa diminta untuk
mengamati dan menganalisis
gambar
tersebut dan mengaitkannya
dengan
hasil bacaan mereka
dan
menuliskan hasil pengamatannya. |
Problem
statemen (pertanyaan/identifikasi masalah) ❖ Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi ataupun gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar |
Data collection (pengumpulan data) Collaboration (Kerja
Sama): ❖ Peserta
didik
dibentuk dalam
beberapa
kelompok
untuk
mempraktikan,
mendiskusikan,
mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi tentang materi |
Data processing (pengolahan Data) Communication (Komunikasi) ❖ Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi
kelompok
secara
klasikal,
mengemukakan pendapat
atas presentasi yang
dilakukan tentang
materi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan,. ❖ Peserta didik mengamati dan memberi tanggapan terhadap hasil presentasi kelompok lain. |
Verification (pembuktian) Creativity (Kreativitas) ❖ Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang
materi yang dipelajari ❖ Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan materi yang akan selesai dipelajari |
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini, Guru memberikan penguatan dan kesimpulan ,Menyanyikan salah
satu lagu daerah nasionalisme, Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah
satu siswa. |
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui KEPALA Sekolah ALI GHUFRON,S.Pd NIP. |
|
Kotagajah 11 Juli 2020 Guru Mata Pelajaran Karlina Dwi Yulianti,S.Pd NIP. |
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 1 PERTEMUAN 4
Sekolah
:SMA
DARUSY SYAFA’AH
Mata
Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester
: X/1
Materi
Pokok : Manusia dan Sejarah
Alokasi
Waktu : 4 Minggu x 3
Jam Pelajaran @45 Menit
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-4
(3 x 45 Menit) |
Tujuan
Pembelajaran |
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat: ·
Memahami bahwa kehidupan manusia
terkait dengan ruang dan waktu ·
Membuat laporan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang
konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu ·
Memahami konsep perubahan dan
berkelanjutan dalam kehidupan manusia ·
Membuat laporan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang
konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan ·
Menganalisis pengertian sejarah ·
Menganalisis perbedaan kehidupan
manusia pada masa lalu dengan masa sekarang ·
Menganalisis keterkaitan
persitiwa sejarah kehidupan manusia pada masa lalu dengan kehidupan masa kini ·
Menyusun karya ilmiah tentang
hasil kajian mengenai keterkaitan
kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini |
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit) |
Orientasi , Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin |
Apersepsi Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, |
Motivasi Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. Apabila materitema// projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi yang dipelajari |
Pemberian Acuan ·
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. ·
Memberitahukan tentang kompetensi
inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung ·
Pembagian kelompok belajar ·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran. |
Kegiatan
Inti (105 Menit ) |
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) Literasi ❖ Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada
materi melalui
pendekatan saintifik (mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) ·
Melihat (tanpa atau
dengan alat) Berpikir kritis dan
bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan
rasa ingin tahu, jujurdan pantang menyerah (Karakter) ·
Mengamati(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam
mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan
pantang menyerah (Karakter) ·
Membaca(dilakukan di
rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi) materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan materi v
Mendengar pemberian materi oleh guru v
Menyimak, (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C)
dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur
dan pantang menyerah (Karakter) ❖ Siswa diminta untuk
mengamati dan menganalisis
gambar
tersebut dan mengaitkannya
dengan
hasil bacaan mereka
dan
menuliskan hasil pengamatannya. |
Problem
statemen (pertanyaan/identifikasi masalah) ❖ Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi ataupun gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar |
Data collection (pengumpulan data) Collaboration (Kerja
Sama): ❖ Peserta
didik
dibentuk dalam
beberapa
kelompok
untuk
mempraktikan,
mendiskusikan,
mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi tentang materi |
Data processing (pengolahan Data) Communication (Komunikasi) ❖ Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi
kelompok
secara
klasikal,
mengemukakan pendapat
atas presentasi yang
dilakukan tentang
materi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan,. ❖ Peserta didik mengamati dan memberi tanggapan terhadap hasil presentasi kelompok lain. |
Verification (pembuktian) Creativity (Kreativitas) ❖ Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang
materi yang dipelajari ❖ Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan materi yang akan selesai dipelajari |
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini, Guru memberikan penguatan dan kesimpulan ,Menyanyikan salah
satu lagu daerah nasionalisme, Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah
satu siswa. |
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui KEPALA Sekolah ALI GHUFRON,S.Pd NIP. |
|
Kotagajah 11 Juli 2020 Guru Mata Pelajaran Karlina Dwi Yulianti,S.Pd NIP. |
Tags : informasi
SMA DASAGA
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah SMA Dararusy
- Ali Ghufron
- 04 Agustus 1989
- Lampung Tengah
- info@smasdarusysyafaah.sch.id
- +6285366146833