CONTOH RPP SBK X/I SMA DARUSY SYAFA'AH KOTAGAJAH
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA Darusy syafa’ah Kotagajah
Mata
Pelajaran : Seni Budaya (Musik)
Kelas/Semester
: X/ Ganjil
Materi
Pokok : Alat musik
tradisional
Alokasi
Waktu : 90 Menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Memahami
ragam alat musik tradisional indonesia berdasarkan sumber bunyinya.
·
Memahami
ragam alat musik tradisional indonesia berdasarkan cara memainkannya
·
Mengidentifikasi
fungsi alat musik dalam karya musik tradisional
·
Memahami
teknik memainkan alat musik tradisional
·
Menyajikan
simpulan hasil pengamatan tentang jenis dan fungsi alat musik pada karya musik
tradisional
·
Memainkan
alat musik tradisional
B.
Media/alat,
Bahan dan Sumber Belajar
Media : Worksheet atau
lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan
: Spidol, papan
tulis, Laptop & infocus
Sumber
Belajar : Buku Seni Budaya
Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016; Internet
C.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan
pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. |
|
Menyampaikan motivasi
tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari
materi : Ragam alat musik tradisional Indonesia
berdasarkan sumber bunyinya. |
|
Menjelaskan hal-hal
yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang
akan ditempuh, |
|
Kegiatan Inti ( 60 Menit ) |
|
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Ragam alat musik tradisional Indonesia
berdasarkan sumber bunyinya. |
Critical Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Ragam alat musik tradisional Indonesia berdasarkan sumber bunyinya. |
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Ragam alat musik tradisional Indonesia
berdasarkan sumber bunyinya. |
Communication |
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
Creativity |
Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari
terkait Ragam alat musik
tradisional Indonesia berdasarkan sumber bunyinya. Peserta didik kemudian diberi kesempatan
untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan. |
D.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian
Pengetahuan; Teknik Penilaian: Tes Uraian
2. Penilaian Keterampilan; Penilaian Praktek dan
Penilaian Produk
Mengetahui, Kotagajah, 20 Juli 2020
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
ALI GHUFRON,S.Pd Farida Noviandari,S.Pd
Nip. - Nip.
-
Tags : informasi
SMA DASAGA
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah SMA Dararusy
- Ali Ghufron
- 04 Agustus 1989
- Lampung Tengah
- info@smasdarusysyafaah.sch.id
- +6285366146833