Selasa, 15 Juni 2021

CONTOH RPP SBK X/I SMA DARUSY SYAFA'AH KOTAGAJAH

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                                 : SMA Darusy syafa’ah Kotagajah

Mata Pelajaran                    : Seni Budaya (Musik)

Kelas/Semester                    : X/ Ganjil

Materi Pokok                        : Alat musik tradisional

Alokasi Waktu                     : 90 Menit

 

A.      Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Memahami ragam alat musik tradisional indonesia berdasarkan sumber bunyinya.

·         Memahami ragam alat musik tradisional indonesia berdasarkan cara memainkannya

·         Mengidentifikasi fungsi alat musik dalam karya musik tradisional

·         Memahami teknik memainkan alat musik tradisional

·         Menyajikan simpulan hasil pengamatan tentang jenis dan fungsi alat musik pada karya musik tradisional

·         Memainkan alat musik tradisional

 

B.      Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar

Media                     : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian

Alat/Bahan           : Spidol, papan tulis, Laptop & infocus

Sumber Belajar  : Buku Seni Budaya Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016; Internet

 

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Ragam alat musik tradisional Indonesia berdasarkan sumber bunyinya.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti ( 60 Menit )

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Ragam alat musik tradisional Indonesia berdasarkan sumber bunyinya.

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Ragam alat musik tradisional Indonesia berdasarkan sumber bunyinya.

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Ragam alat musik tradisional Indonesia berdasarkan sumber bunyinya.

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Ragam alat musik tradisional Indonesia berdasarkan sumber bunyinya. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

 

D.      Penilaian Hasil Pembelajaran

1.       Penilaian Pengetahuan; Teknik Penilaian: Tes Uraian

2.       Penilaian Keterampilan; Penilaian Praktek dan Penilaian Produk

 

 

                                                                                                                          

 

Mengetahui,                                                                                                                         Kotagajah, 20 Juli 2020

Kepala Sekolah                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran

 

 

ALI GHUFRON,S.Pd                                                                                      Farida Noviandari,S.Pd

Nip. -                                                                                                                      Nip. -

 

Tags :

bm

SMA DASAGA

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah SMA Dararusy

  • Ali Ghufron
  • 04 Agustus 1989
  • Lampung Tengah
  • info@smasdarusysyafaah.sch.id
  • +6285366146833