Contoh RPP PAI KELAS X/1 SMA DARUSY SYAFA'AH KOTAGAJAH
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Darusy syafa’ah Mata Pelajaran : PAI |
Kelas/Semester :
X / 1 Alokasi Waktu : 3 x 45 menit |
KD
: 3.1 dan 4.1 Pertemuan ke : 1 |
||
Materi |
: |
Meniti Hidup dengan Kemuliaan |
||
A, TUJUAN
·
Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama. ·
Menunjukkan perilaku kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis
terkait. ·
Menganalisis Q.S. al-Hujurat/49:
10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah). ·
Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10
dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf ·
Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar. |
B, LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
penilaian Ø LCD
Proyektor/ Slide presentasi
(ppt) |
Alat/Bahan
: Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
& infocus |
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam,
berdoa, menyanyikan lagu nasional (
PPK) ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking) ·
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12
serta hadits terkait |
Critical
Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12
serta hadits terkait |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12
serta hadits terkait Peserta
didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami |
|
PENUTUP |
·
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar ·
Guru memberikan
penilaian lisan secara acak dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C, PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
Mengetahui, kOTAGAJAH, 20 JULI 2020
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
ALI GHUFRON,S.Pd Aan
Khunaidi,S.Sy
Nip. - Nip.
-
Penilaian Hasil
Pembelajaran
1. Penilaian Skala Sikap
Berilah tanda “centang” (√) yang sesuai
dengan kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan
yang tersedia!
No |
Pernyataan |
Kebiasaan |
|||
Selalu |
Sering |
Jarang |
Tidak Pernah |
||
Skor 4 |
Skor 3 |
Skor 2 |
Skor 1 |
||
1 |
Saat
ada bisikan hawa nafsu untuk berbuat maksiat, saya segera membaca ta’awu. |
|
|
|
|
2 |
Saya
puasa Senin-Kamis untuk mengendalikan diri dan mendekatkan diri kepada Allah
Swt. |
|
|
|
|
3 |
Saya
meminta maaf kepada teman jika saya bersalah. |
|
|
|
|
4 |
Saya
mudah memaafkan kesalahan teman. |
|
|
|
|
5 |
Saya
optimis mampu meraih citacita. |
|
|
|
|
6 |
Saya
membaca istighfar ketika melakukan kesalahan. |
|
|
|
|
7 |
Saya
bertutur kata lemah lembut kepada teman. |
|
|
|
|
8 |
Saat
berjumpa teman, saya menyapa dengan ramah. |
|
|
|
|
9 |
Saya
menghormati perbedaan pendapat. |
|
|
|
|
10 |
Saya
menjaga persaudaraan dengan sesama mukmin. |
|
|
|
|
Nilai akhir = Jumlah skor yang diperoleh peserta didik×
100
skor tertinggi 4
2.
Penilaian “Membaca
dengan Tartil”
Rubrik Pengamatannya sebagai berikut:
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
T |
TT |
R |
P |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai : 1. Kelancaran Skor 25 → 100
2.
Artinya Skor 25 → 100
3.
Isi Skor
25 → 100
4.
Dan lain-lain Skor
dikembangkan
Skor
maksimal…. 100
Rubrik penilaiannya adalah:
1)
Kelancaran
a)
Jika peserta didik dapat membaca Q.S.
al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt sangat lancar, skor 100.
b)
Jika peserta didik dapat membaca Q.S.
al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt lancar, skor 75.
c)
Jika peserta didik dapat membaca Q.S.
al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt tidak lancar dan kurang sempurna, skor 50.
d)
Jika peserta didik tidak dapat membaca Q.S.
al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt, skor 25
2)
Arti
a) Jika peserta didik
dapat mengartikan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt dengan benar, skor
100.
b) Jika peserta didik
dapat mengartikan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt dengan benar dan
kurang sempurna, skor 75.
c) Jika peserta didik
tidak benar mengartikan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt, skor 50.
d) Jika peserta didik
tidak dapat mengartikan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt, skor 25.
3)
Isi
a)
Jika peserta didik dapat menjelaskan Q.S.
al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt dengan benar, skor 100.
b)
Jika peserta didik dapat menjelaskan Q.S.
al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt dengan mendekati benar, skor 75.
c)
Jika peserta didik dapat menjelaskan Q.S.
al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt dengan tidak benar, skor 50.
d)
Jika peserta didik tidak dapat menjelaskan Q.S.
al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt, skor 25.
4)
Dan Lain-lain
Guru
dapat mengembangkan skor tersebut jika ditemui kriteria penilaian lain
berdasarkan bentuk perilaku peserta didik pada situasi dan kondisi yang
berkembang
3.
Penilaian Diskusi
Peserta didik berdiskusi tentang memahami
makna Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt.
Aspek dan rubrik penilaian:
1)
Kejelasan dan ke dalaman informasi
(a)
Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 100.
(b)
Jika kelompok tersebut dapat memberikan
penjelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 75.
(c)
Jika kelompok tersebut dapat memberikan
penjelasan dan ke dalaman informasi kurang lengkap, skor 50.
(d)
Jika kelompok tersebut tidak dapat memberikan
penjelasan dan ke dalaman informasi, skor 25.
Contoh Tabel:
No. |
Nama Peserta didik |
Aspek yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
||
Kejelasan dan Kedalaman Informasi |
T |
TT |
R |
R |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
|
|
|
2)
Keaktifan dalam diskusi
(a)
Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif
dalam diskusi, skor 100.
(b)
Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam
diskusi, skor 75.
(c)
Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam
diskusi, skor 50.
(d)
Jika kelompok tersebut tidak aktif dalam
diskusi, skor 25.
Contoh Tabel:
No. |
Nama Peserta didik |
Aspek yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
||
Keaktifan dalam Diskusi |
T |
TT |
R |
R |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
|
|
|
3)
Kejelasan dan kerapian presentasi/ resume
(a)
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan rapi, skor 100.
(b)
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan/resume dengan jelas dan rapi, skor 75.
(c)
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 50.
(d)
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan/resume dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 25.
Contoh Tabel:
No. |
Nama Peserta didik |
Aspek yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
||
Kejelasan dan Kerapian Presentasi |
T |
TT |
R |
R |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran membaca
dengan tartil, memahami dan menerapkan perilaku mulia Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan
Q.S. al-Hujurāt /49:10 tentang kontrol diri, berprasangka baik, dan
persaudaraan, bagi peserta didik yang sudah menguasai materi dengan baik,
peserta didik dapat melanjutkan proses pengayaan yang telah disiapkan oleh guru
berupa tugas-tugas atau pertanyaanpertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
ayat-ayat al-Qur’ān dan hadis atau model- model pengembangan lainnya, khususnya
yang terkait dengan bahan kajian, penugasan, dan soal-soal yang bersumber dari
pengembangan materi.
Tugas guru berikutnya adalah, mencatat
dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
Penilaian pada pengayaan ini, sebagai rangkaian proses pembelajaran yang
menggambarkan tingkat keberhasilan pembelajaran dan sekaligus kualitas
pengajaran yang mengacu kepada perkembangan penerapan perilaku mulia
berdasarkan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt /49:10. Dalam hal ini,
guru dapat melakukan penilaian pada berbagai macam bentuk, kemudian guru
mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam
proses pengayaan.
5. Remedial
Bagi peserta didik yang belum menguasai
materi membaca dan menghafal dengan tartil Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S.
al-Hujurāt /49:10 guru menjelaskan kembali materi tentang pemahaman dan
penerapan perilaku “Mempertahankan Kejujuran sebagai Cermin Kepribadian”
tersebut, dan melakukan penilaian kembali (lihat poin 6) dengan soal yang
sejenis atau setara.
Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari
tertentu yang disesuaikan, seperti: boleh pada saat pembelajaran apabila masih
ada waktu atau diluar jam pelajaran, pada umumnya 30 menit setelah pulang
sekolah.
Usahakan guru dapat menjelaskan dan
menekankan kembali materi tentang penerapan perilaku kontrol diri, berprasangka
baik, dan persaudaraan berdasarkan, Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt
/49:10 dan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis (yang telah
diujikan) atau yang dikembangkan dan setara bobotnya, sesuai dengan situasi
yang berkembang.
6. Interaksi Guru dengan Orang Tua
Interaksi guru dengan orang tua perlu
dilakukan, salah satunya adalah, guru meminta peserta didik memperlihatkan
kolom “Membaca dengan Tartil” dalam buku teks peserta didik kepada orang tuanya
dengan memberikan komentar dan paraf.
Dapat juga dengan mengunakan
bukupenghubung kepada orang tua tentang perubahan perilaku peserta didik
setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung, dengan
pernyataan tertulis atau lewat telepon tentang perkembangan kemampuan membaca,
menghafal, dan memahami peserta didik, terkait dengan materi memahami kajian
meniti hidup dengan kemuliaan, berdasarkan, Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S.
al-Hujurāt /49:10.
Untuk mengetahui keberhasilan peserta
didik dalam pengamalan agamanya, khususnya penerapan perilaku kontrol diri,
prasangka baik dan persaudaraan, melalui pemahaman, meniti hidup dengan
kemuliaan, berdasarkan, Q.S. al- Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt /49:10 guru
dapat melakukannya berdasarkan tugas-tugas dari beragam aktivitas yang diminta
kepada peserta didik untuk menanggapi, melakukan, dan menyelesaikan tugas, yang
berada pada setiap kajian, kemudian orang tuanya turut memberikan komentar dan
paraf.
Guru dapat mengembangkannya dengan
memfasilitasi peserta didik untuk memperhatikan kolom “Menerapkan Perilaku
Mulia”. Kemudian, guru mengarahkan dan membimbing peserta didik untuk
memberikan tanda (√) pada kolom ‘selalu’, ‘sering’, ‘jarang’ atau ‘sudah
menerapkannya dengan baik’, ‘kadang-kadang menerapkannya, ‘akan menerapkannya’,
dll. (guru dapat mengembangkannya berdasarkan situasi dan kondisi) dalam buku
teks peserta didik kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf,
tentang kontrol diri (mujāhadah an-nafs), prasangka baik (husnużżan), dan
persaudaraan (ukhuwwah)
Tags : informasi
SMA DASAGA
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah SMA Dararusy
- Ali Ghufron
- 04 Agustus 1989
- Lampung Tengah
- info@smasdarusysyafaah.sch.id
- +6285366146833