CONTOH RPP MTK WAJIB X/1 SMA DARUSY SYAFA'AH
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Darusy syafa’ah Mata Pelajaran : MATEMATIKA |
Kelas/Semester :
X / 1 Alokasi Waktu : 4 x 45 menit |
KD
: 3.2 dan 4.2 Pertemuan ke : 1 |
||
Materi |
: |
Pertidaksamaan mutlak,
pecahan, dan irrasional |
||
A. TUJUAN
· Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian materi Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan
irrasionalyang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah · Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari materi Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasionalyang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan |
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
penilaian Ø LCD
Proyektor/ Slide presentasi
(ppt) |
Alat/Bahan
: Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
& infocus |
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam,
berdoa, menyanyikan lagu nasional (
PPK) ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking) ·
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis
besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pertidaksamaan pecahan |
Critical
Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pertidaksamaan pecahan |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pertidaksamaan pecahan |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pertidaksamaan pecahan Peserta didik kemudian diberi kesempatan
untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
·
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar ·
Guru memberikan
penilaian lisan secara acak dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C. PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|
Mengetahui, Kotagajah, 20 Juli
2020 Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran ALI GHUFRON,S.Pd Ahmad
Rifa’i,S.Pd Nip. - Nip.
- |
|
|
Tags : informasi
SMA DASAGA
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah SMA Dararusy
- Ali Ghufron
- 04 Agustus 1989
- Lampung Tengah
- info@smasdarusysyafaah.sch.id
- +6285366146833