CONTOH RPP MTK WAJIB X/1 SMA DARUSY SYAFA'AH
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
| 
   Sekolah                    :   SMA Darusy syafa’ah Mata Pelajaran          :   MATEMATIKA   | 
  
   Kelas/Semester        : 
  X / 1 Alokasi Waktu           :  4 x 45 menit  | 
  
   KD                   
  : 3.2 dan 4.2 Pertemuan ke  : 1  | 
 ||
| 
   Materi  | 
  
   :  | 
  
   Pertidaksamaan mutlak,
  pecahan, dan irrasional  | 
 ||
A.   TUJUAN
| 
   ·       Memahami,
  menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
  berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
  budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
  peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
  pengetahuan prosedural pada bidang kajian materi Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan
  irrasionalyang
  spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah ·       Mengolah,
  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
  pengembangan dari materi Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasionalyang
  dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
  kaidah keilmuan  | 
 
B.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
| 
   Media :  Ø Worksheet
  atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
  penilaian Ø LCD
  Proyektor/ Slide presentasi
  (ppt)  | 
  
   Alat/Bahan
  : Ø Penggaris,
  spidol, papan tulis Ø Laptop
  & infocus  | 
 
| 
   PENDAHULUAN  | 
  
   ·       
  Peserta didik memberi salam,
  berdoa, menyanyikan lagu nasional (
  PPK) ·       
  Guru mengecek kehadiran peserta
  didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking) ·       
  Guru menyampaikan
  tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·       
  Guru menyampaikan garis
  besar cakupan materi dan langkah pembelajaran  | 
 |
| 
   KEGIATAN INTI  | 
  
   Kegiatan
  Literasi  | 
  
   Peserta didik diberi
  motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
  kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pertidaksamaan pecahan   | 
 
| 
   Critical
  Thinking   | 
  
   Guru memberikan
  kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
  dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
  Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pertidaksamaan pecahan   | 
 |
| 
   Collaboration  | 
  
   Peserta didik dibentuk
  dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
  mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pertidaksamaan pecahan   | 
 |
| 
   Communication  | 
  
   Peserta didik
  mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
  mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
  kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan  | 
 |
| 
   Creativity  | 
  
   Guru dan peserta didik
  membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pertidaksamaan pecahan  Peserta didik kemudian diberi kesempatan
  untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami  | 
 |
| 
   PENUTUP  | 
  
   ·      
  Guru bersama peserta didik 
  merefleksikan  pengalaman
  belajar  ·      
  Guru memberikan
  penilaian lisan secara acak dan singkat ·      
  Guru menyampaikan rencana
  pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa  | 
 |
C.   PENILAIAN
| 
   -        
  Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta
  didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi
  diskusi  | 
  
  | 
 |
| 
   Mengetahui,                                                                                                                         Kotagajah, 20 Juli
  2020 Kepala
  Sekolah                                                                                                                    Guru
  Mata Pelajaran ALI GHUFRON,S.Pd                                                                                      Ahmad
  Rifa’i,S.Pd Nip. -                                                                                                                      Nip.
  -  | 
  
   | 
 |
Tags : informasi
SMA DASAGA
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah SMA Dararusy
- Ali Ghufron
 - 04 Agustus 1989
 - Lampung Tengah
 - info@smasdarusysyafaah.sch.id
 - +6285366146833
 
