SEJARAH SINGKAT KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

 

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulillah Segakla puji bagi alloh yang telah memberikan kenikmatan kepada kita semua sehingga kita dapat menikmati keindahan dan ketentraman kehidupan dikabupaten lampung tengah.

sekilah akan kami sampaikan sejarah singkat kabuapaten kita tercinta Kabupaten dimana SMA Darusy syafa'ah Kotagajah berada dalam kabupaten ini yakni Kabupaten lampung tengah

SEJARAH LAMPUNG TENGAH

Kabupaten Lampung Tengah merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Lampung. Sejak diundangkannya Undang Undang Nomor 12 Tahun 1999, Kabupaten Lampung Tengah mengalami pemekaran menjadi dua kabupaten dan satu kota yaitu Kabupaten Lampung Tengah sendiri, Kabupaten Lampung Timur dan Kota Metro.

 

Ibukota Lampung Tengah yang semula berada di Kota Metro, pada tanggal 1 Juli 1999 dipindahkan ke Kota Gunung Sugih. Kegiatan pemerintahan dengan skala kabupaten dipusatkan di GunungSugih, sedangkan kegiatan perdagangan dan jasa dipusatkan di Bandar Jaya.



 

Zaman pemerintahan Belanda, Lampung Tengah merupakan Onder Afdeling Sukadana yang initerdiriatas 3 (tiga) distrik yaitu :

 

Onder Distrik Sukadana, terdiri atas Marga Sukadana, MargaTiga, Marga Nuban dan Marga Unyai Way Seputih.

Onder Distrik Labuhan Meringgai, terdiri atas Marga Sekampung Ilir, Sekampung Udik, dan Marga Subing Labuhan.

Onder Distrik Gunung Sugih, terdiri atas Marga Unyi, Subing, AnakTuha Dan Marga Pubian.

Onderafdeling Sukadana dikepalai oleh seorang Controleur berkebangsaan Belanda, yang pelaksanaannya dibantu oleh seorang Demang bangsa Pribumi. Masing-masing Onder Distrik dikepalai oleh seorang Asisten Demang.

 

Pada zaman penjajahan Jepang, wilayah Lampung Tengah adalah wilayah Bun Shu Metro yang terbagi dalam beberapa Gun Shu, marga-margadan kampung-kampung. Bun Shudi kepalai oleh seorang Bun Shu Cho, Gun Shu Oleh seorang Gun Shu Cho dan Kampung dikepalai oleh seorang kepala Kampung.

 

Setelah Indonesia merdeka dan dengan berlakunya Peraturan Peralihan pasal 2 UUD 1945, maka Bun Shu Metro berubah menjadi Kabupaten Lampung Tengah dikepalai seorang bupati. Bertitik tolak dari hal tersebut, ditinjau dari aspek perkembangan organisasi pemerintahan maka pembagian wilayah Lampung atas Kabupaten-kabupaten terjadipada zaman penjajahan Jepang.

Sumber : https://web.lampungtengahkab.go.id/sejarah-singkat

 Demikianlah sejarah singkat lampung tengah

semoga lampung tengah semakin Aman tentram dan sejahtera

menjadi daerah yang

بلدة طيبة ورب غفور

#SMADA

#SMADASAGA

#SMADARUSY SYAFA'AH

#CerdasINovatifTaqwaAktif

@AliGP

Belum ada Komentar untuk "SEJARAH SINGKAT KABUPATEN LAMPUNG TENGAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel