CONTOH RPP BAHASA INDONESIA X/1 SMA DARUSY SYAFA'AH
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA DARUSY SYAFA’AH Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia |
Kelas/Semester :
X / 1 Alokasi Waktu : 4 x 45 menit |
KD
: 3.1 dan 4.1 Pertemuan ke : 1 |
||
Materi |
: |
Isi pokok laporan hasil observasi |
||
A. TUJUAN
·
Mengidentifikasi teks laporan
hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. ·
Menginterpretasi isi teks laporan
hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis. |
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø
Worksheet atau lembar kerja (siswa) Ø
lembar penilaian Ø
Cetak: buku, modul,
brosur, leaflet, dan gambar. |
Alat/Bahan : Ø
Penggaris, spidol, papan tulis Ø
Laptop & infocus, PPT Ø
Objek fisik: Benda
nyata, model, dan spesimen. |
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi
salam, berdoa, menyanyikan lagu nasional ( PPK) ·
Guru mengecek
kehadiran peserta didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking) ·
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis
besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi pokok laporan hasil observasi |
Critical
Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi pokok laporan hasil
observasi |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi pokok laporan hasil observasi |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi pokok laporan hasil observasi Peserta didik kemudian diberi kesempatan
untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
·
Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar ·
Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya dan berdoa |
C. PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|
Mengetahui, Kotagajah, 20 Juli
2020 Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran ALI GHUFRON,S.Pd Olivia
Ajeng P.S.,S.Pd Nip. - Nip.
- |
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA DARUSY SYAFA’AH Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia |
Kelas/Semester :
X / 1 Alokasi Waktu : 4 x 45 menit |
KD
: 3.1 dan 4.1 Pertemuan ke : 2 |
||
Materi |
: |
Isi pokok laporan hasil observasi : deskripsi bagian,
deskripsi manfaat, dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat) |
||
A. TUJUAN
·
Mengidentifikasi teks laporan
hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. ·
Menginterpretasi isi teks laporan
hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis. |
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø
Worksheet atau lembar kerja (siswa) Ø
lembar penilaian Ø
Cetak: buku, modul,
brosur, leaflet, dan gambar. |
Alat/Bahan : Ø
Penggaris, spidol, papan tulis Ø
Laptop & infocus, PPT Ø
Objek fisik: Benda
nyata, model, dan spesimen. |
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik
memberi salam, berdoa, menyanyikan lagu nasional ( PPK) ·
Guru mengecek
kehadiran peserta didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking) ·
Guru
menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan
diajarkan ·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi pokok laporan hasil observasi :
deskripsi bagian, deskripsi manfaat, dan maksud isi teks (tersirat dan
tersurat) |
Critical
Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi pokok laporan hasil observasi : deskripsi bagian, deskripsi
manfaat, dan maksud isi teks (tersirat dan tersurat) |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi pokok laporan hasil observasi :
deskripsi bagian, deskripsi manfaat, dan maksud isi teks (tersirat dan
tersurat) |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi pokok laporan hasil observasi :
deskripsi bagian, deskripsi manfaat, dan maksud isi teks (tersirat dan
tersurat) Peserta didik kemudian diberi kesempatan
untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
·
Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar ·
Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya dan berdoa |
C. PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|
Mengetahui, Kotagajah, 20 Juli
2020 Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran ALI GHUFRON,S.Pd Olivia
Ajeng P.S.,S.Pd Nip. - Nip.
- |
|
|
1.
Penilaian,
Pembelajaran Teknik Penilaian
(terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan
sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses
pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru.
Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No |
Nama
Siswa |
Aspek
Perilaku yang Dinilai |
Jumlah
Skor |
Skor
Sikap |
Kode
Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
Soenarto |
75 |
75 |
50 |
75 |
275 |
68,75 |
C |
2 |
|
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan :
• BS
: Bekerja Sama
• JJ
: Jujur
• TJ
: Tanggun Jawab
• DS
: Disiplin
Catatan :
1. Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Cukup
25 =
Kurang
2. Skor
maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor
sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran
dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk
menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat
objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian
diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria
penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya
format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah
Skor |
Skor
Sikap |
Kode
Nilai |
1 |
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. |
50 |
|
250 |
62,50 |
C |
2 |
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan
untuk berbicara. |
|
50 |
|||
3 |
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
... |
100 |
|
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 =
62,50
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan
keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta
didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya
guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian,
dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat :
...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah
Skor |
Skor
Sikap |
Kode
Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
|
450 |
90,00 |
SB |
2 |
Memberikan solusi terhadap permasalahan. |
100 |
|
|||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
|
100 |
|||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
100 |
|
|||
5 |
... |
|
50 |
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan
untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes Lisan/Observasi
Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Pelafalan |
|
|
|
|
|||
3 |
Kelancaran |
|
|
|
|
|||
4 |
Ekspresi |
|
|
|
|
|||
5 |
Penampilan |
|
|
|
|
|||
6 |
Gestur |
|
|
|
|
-
Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua
sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas
rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat
dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 |
Keserasian pemilihan
kata |
|
|
|
|
3 |
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa |
|
|
|
|
4 |
Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi
jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 |
Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 |
Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 |
Kemampuan menyelesaikan masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan
peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
2.
Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
Tags : informasi
SMA DASAGA
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah SMA Dararusy
- Ali Ghufron
- 04 Agustus 1989
- Lampung Tengah
- info@smasdarusysyafaah.sch.id
- +6285366146833