Kamis, 13 April 2023

pentingnya pendidikan untuk masa depan

 

Pentingnya pendidikan untuk semua kalangan


Menanamkan pentingnya pendidikan sejak dini sangatlah krusial dan sebaiknya tidak diabaikan. Berikut adalah manfaat pendidikan yang perlu dipahami.

1. Menjadi fondasi masa depan

Pendidikan yang baik bertindak seperti fondasi pada diri yang dapat membentuk masa depan cerah. Lewat pendidikan, Anda akan belajar mengolah kemampuan kognitif sekaligus social, dan mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

2. Membangun karakter

Pendidikan bukan hanya melulu berkutat pada pelajaran sesuai kurikulum, seperti matematika atau sejarah, tetapi juga pembangunan karakter.

Dengan pendidikan yang layak, seseorang akan dilatih untuk memiliki kepribadian yang baik sesuai yang harapan masyarakat.

3. Memaksimalkan potensi

Makna pendidikan bagi manusia selanjutnya adalah memaksimalkan potensi atau bakat yang dimiliki seseorang.

Setiap orang memiliki potensi atau karakternya masing-masing yang dapat dimaksimalkan melalui sarana pendidikan yang tepat.

Seseorang yang mendapat pendidikan sejak dini berpeluang untuk hidup dengan lebih mandiri sekaligus mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.

4. Meningkatkan taraf hidup

Lewat pendidikan, seseorang akan memiliki kesempatan di masa depan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik dibanding saat ini.

Pentingnya pendidikan tinggi tersebut mungkin tidak akan bisa dilihat dalam waktu dekat, tetapi manfaatnya dapat dipetik ketika seseorang masuk ke dalam dunia kerja dan berhasil mendapatkan penghasilan yang mampu meningkatkan taraf hidupnya.

5. Mengurangi angka kejahatan

Sebuah riset yang dilakukan di Amerika Serikat menyatakan anak yang teredukasi dengan baik memiliki kemungkinan lebih kecil untuk melakukan tindak kriminal dan masuk penjara. Sebaliknya, persentase kriminalitas semakin tinggi jika anak tidak sekolah atau putus sekolah sebelum lulus SMA.

Di Indonesia sendiri, pemerintah mewajibkan anak belajar selama 12 tahun yang dimulai sejak tingkat sekolah dasar (SD)


Tags :

bm

jurnalis dovis

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah SMA Dararusy

  • Ali Ghufron
  • 04 Agustus 1989
  • Lampung Tengah
  • info@smasdarusysyafaah.sch.id
  • +6285366146833