Rabu, 20 Oktober 2021

SMA Darusy syafaah Sekolah Berbasis Pesantren

 SMA Darusy Syafa’ah, Sekolah Berbasis Pesantren

Selayang Pandang....
SMA Darusy Syafa’ah, bertempat di Kotagajah, Lampung Tengah. Menerapkan pembelajaran berbasais pesantran, menjadikan SMA Darusy Syafa’ah cocok sebagai SMA pilihan. Memiliki visi CINTA (Cerdas, Inovatif, Nalar, Taqwa, dan Aktif), kami berupaya membentuk siswa cerdas kreatif dan mandiri, serta melatih siswa untuk memiliki sikap percaya diri, beriman, dan berbudi pekerti yang baik. 
Visi yang kami ciptakan, kami harapkan akan terwujud melalui pembelajaran yang bermanfaat bagi siswa. Unggul secara akademis dan memiliki nilai keagamaan yang tinggi juga menjadi fokus kami dalam mendidik para siswa. Sebagai lembaga pendidikan, kami akan memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang ada, walaupun tetap berlandaskan pada pengajaran keagamaan seperti pada sekolah pesantren.
Sebagai sekolah berbasis pesantren, kami mengutamakan upaya pencerdasan spiritual atau keagamaan meskipun sekarang ini banyak pondok pesantren di Indonesia yang juga memberikan pengetahuan umum secara terintegrasi. Pilihan memadukan sistem pendidikan di sekolah formal dan di pondok pesantren ini merupakan dua lembaga pendidikan yang masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda satu sama lain.
Kami tidak hanya berfokus untuk memberikan pembelajaran terbaik kepada para siswa SMA, namun juga menanamkan pendidikan agama Islam yang kuat. Pendidikan karakter yang diajarkan di pondok pesantren lebih terfokus untuk menanamkan jiwa religius, akhlakul hasanah, disiplin, kesederhanaan, menghormati orang yang lebih tua. Ajaran-ajaran yang sesuai dengan pedoman beragama, menjadi panduan utama kami untuk mengajar.
Pembelajaran berbasis pesantren yang kami berikan kepada siswa-siswi yang ada di yayasan Darusy Syafa’ah Kotagajah, diharapkan mampu mengamalkan nilai-nilai ajaran agama dengan baik patuh kepada orang yang patut dihormati, memiliki akhlak yang sesuai dengan ajaran Islam, serta mampu memaknai tentang kehidupan berdasarkan Al-qur’an dan Hadist. Langkah ini dimaksudkan agar kultur positif yang berkembang di pesantren dapat diadopsi oleh sekolah dan diintegrasikan ke dalam bentuk kurikulum dengan berbagai aspek proses pendidikan di sekolah, yakni dalam proses pembelajaran dan manajemen sekolah.
Pendidikan yang tidak hanya memberikan pengetahuan berupa ilmu-ilmu ilmiah kepada siswa peserta didik tapi juga berlandaskan keimanan dan ketakqwaan. Para guru senantiasa memberikan pengajaran terbaik kepada para siswa agar selalu berada pada koridor agama dan mengamalkan apa yang diajarkan di sekolah setiap harinya.
SMA Darusy Syafa’ah Kotagajah menggunakan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah yang demokratis yaitu dengan menyerap berbagai aspirasi dari berbagai pihak. Dimulai dari aspirasi siswa, aspirasi guru, aspirasi staf tata usaha, aspirasi orang tua murid, bahkan aspirasi masyarakat melalui wadah Dewan Sekolah (Komite Sekolah).
Mengintegrasikan antara pendidikan formal dan pendidikan berbasis pesantren akan menjadi instrumen yang berharga bagi peningkatan mutu sumber daya manusia di Indonesia sehingga menjadi manusia yang kompetitif yang mampu bersaing di era globalisasi dengan tetap berpegang teguh pada karakter bangsa. 
Walaupun SMA Darusy Syafa'ah berlandaskan sekolah ala pesantren, kami selalu mendorong siswa dan siswi untuk berani tampil dan memiliki wawasan yang global. Bermodalkan wawasan, kreatifitas, serta menjadi pribadi yang berakhlak, kami yakin siswa dan siswi akan mampu bersaing. Tidak ada batasan bagi siswa dan siswi di SMA Darusy Syafa’ah untuk belajar tentang ilmu-ilmu baru yang bermanfaat untuk mengembangkan potensi diri.



Tags :

bm

ALI GHUFRON

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah SMA Dararusy

  • Ali Ghufron
  • 04 Agustus 1989
  • Lampung Tengah
  • info@smasdarusysyafaah.sch.id
  • +6285366146833