Selasa, 28 September 2021

Monitoring Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Asasmen Nasional 2021


Monitoring adalah aktifitas yang ditujukan untuk memberikan informasi tentang sebab dan akibat dari suatu kebijakan yang sedang dilaksanakan.

Monitoring diperlukan agar kesalahan awal dapat segera diketahui dan dapat dilakukan tindakan perbaikan, sehingga mengurangi risiko yang lebih besar



Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Lampung Tengah Nomor 009/MKKS/SMA/LT/2021 Tanggal 24 September 2021. Dan Surat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung nomor 8002464a/V.01/DP.1C/2021 tertanggal 16 September 2021 tentang Monitoring Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Assesmen Nasional (AN) jenjang SMA Tahun 2021., dipandang perlu menerbitkan surat tugas kepada :

NO     NAMA KEPALA SEKOLAH         UNIT KERJA 

1     Iman Abiworo, S.Si.                             SMAN 1 Trimurjo 

2     Hasanudin, S.Pd.                                 SMAN 1 Gunung Sugih 

3     R. Surya Damayanti, M.Pd.                 SMAN 1 Kotagajah 

4     Didi Nuryadi, M.Pd                             SMAN 1 Punggur 

5     Dra. Ratnawati, M.Pd.                         SMAN 1 Terusan Nunyai 

6     I Made Sulatra , M.Pd.                         SMAN 1 Seputih Banyak 

7     Renny Liestiawati, M.Pd                     SMAN 1 Sendang Agung 

8     Haryono, M.Pd.                                     SMAN 1 Terbanggi Besar 

9     Ali Ghufron, S.Pd.                                 SMAS Darusy Syafaah Kotagajah 

10    Ujang Efendi, S.Pd.I.                             SMAS IT Smart Insani

dari seluruh sekolah lampung tengah pada tingkat SLTA khususnya SMA hanya terdapat 10 sekolah yang dijadwalkan untuk dilakukan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan ANBK 2021 dan hanya 2 sekolah Swasta yang mewakili SMAS Lampung Tengah SMA Darusy syafa'ah merupakan salah satu sekolah yang mewakili sekolah lain untuk dilakukan Monitoring dan Evaluasi ANBK 2021 yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.

ada beberapa Instrumen yang harus dipersiapkan dalam pelaksanaan Monitoring dan evaluasi ini yaitu :

 

 

 

 

 


 

 

INSTRUMEN PEMANTAUAN IMPLEMENTASI ASESMEN NASIONAL SMA/MA/SMK/MAK/PAKET C/ULYA

 DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI LAMPUNG

 

Ins. AS /2021

 

Hal. 1

 

 

 

 

 

Pertanyaan Kuisioner

Lengkapilah jawaban atau beri tanda silang (x) pada jawaban yang anda pilih. Lampirkan berkas berupa softcopy/hardcopy jika diminta petugas.

 

A. TAHAP PERSIAPAN (KEPALA SEKOLAH)

 

1.       Apakah Satuan Kerja Saudara pernah mengikuti sosialisasi pelaksanaan  AN ?

a. Ya                  

b. Tidak,

 

Jika Ya, sebanyak……………..kali

 

2.       Apakah Satuan Pendidikan telah menerima salinan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab/Kota tentang Panitia AN ?

a. Sudah

b. Belum

 

* Lampiran SK : Ada/Tidak, berupa : Softcopy / Hardcopy  

             

3.       Apakah Saudara telah melaksanakan pembentukan Panitia AN Tinkat Satuan Pendidikan ?

a. Ya, SK Nomor : ……………………………………..

b. Tidak

 

* Lampiran SK : Ada / Tidak, berupa : Softcopy / Hardcopy

 

4.       Sudahkan menerbitkan SK Pengawas Ruangan diterbitkan Satuan Pendidikan ?

a. Sudah

b. Belum

 

Kalau sudah diterbitkan oleh (Kepala Sekolah/Kepala Dinas Kab/Kota/Kepala Daerah) ?

 

* Lampiran SK : Ada / Tidak, berupa : Softcopy / Hardcopy

 

 

B. TAHAP PENYELENGGARAAN AN TAHUN 2021

 

1.       Apakah Satuan Pendidikan telah melakukan tryout AN untuk siswa kelas  11?

a. Sudah

b. Belum

 

2.       Apabila sudah melakukan tryout untuk siswa kelas 11, berapa kali dilaksanakan ?

a. Satu kali

b. Lebih dari satu kali

 

 

 

 

 

 


 

INSTRUMEN PEMANTAUAN IMPLEMENTASI ASESMEN NASIONAL

SMA/MA/SMK/MAK/PAKET C/ULYA

 DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI LAMPUNG

 

Ins. AS /2021

 

Hal. 2

 

 

 

 

 

 

  

   C. STANDAR PELAKSANAAN AN TAHUN 2021

 

 

No.

Indikator Pemenuhan Standar

Pemenuhan

Pos

Skor Pemenuhan Pos

Tidak

Ya

Kurang

Baik

Baik Sekali

 

Program

 

 

1.

Menetapkan jadwal kegiatan

 

 

 

 

 

2.

Menetapkan SK Panitia dan Pembagian Tugas

 

 

 

 

 

3.

Mendeskripsikan jumlah peserta

 

 

 

 

 

4.

Jumlah peserta…………..orang

 

 

 

 

 

5.

Jumlah ruang yang digunakan (…… ruang)

 

 

 

 

 

6.

Jumlah peserta per ruang (……siswa)

 

 

 

 

 

7.

Menggunakan kartu peserta

 

 

 

 

 

8.

Menggunakan daftar kehadiran siswa

 

 

 

 

 

9.

Memiliki tata tertib siswa

 

 

 

 

 

 

10.

Memiliki daftar pengawas

 

 

 

 

 

 

11.

Memiliki tata tertib pengawas,proktor,teknisi

 

 

 

 

 

 

12.

Menyimpan soal dengan aman

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Asesmen Nasional

 

1.

Melaksanakan tepat waktu

 

 

 

 

 

 

2.

Pelaksanaan tertib

 

 

 

 

 

 

3.

Moda pelaksanaan  AN :

Status Pelaksanaan AN :

 

 

 

 

 

 

4.

Menempatkan pengawas tiap ruangan dua orang

 

 

 

 

 

 

5.

Kehadiran siswa tercatat lengkap

(tanggal…………………………………….)

(tidak hadir…………………………..siswa, karena…………………………..………….)

 

 

 

 

 

 

6.

Menggunakan Berita Acara di buat lengkap

 

 

 

 

 

 

7.

Memiliki ruang panitia

 

 

 

 

 

 

8.

Pelaksanaan kegiatan tertib dan aman

 

 

 

 

 

 

9.

Memiliki agenda pelaksanaan harian

 

 

 

 

 

 

10.

Merespon permasalahan yang muncul dengan cepat dan tepat

 

 

 

 

 

 

11.

Ketersediaan komputer

 

 

 

 

 

 

12.

Ketersediaan daya  listrik dan internet

 

 

 

 

 

 

13.

Menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

INSTRUMEN PEMANTAUAN IMPLEMENTASI ASESMEN NASIONAL

SMA/MA/SMK/MAK/PAKET C/ULYA

 DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI LAMPUNG

 

Ins. AS /2021

 

Hal. 3

 

 

 

 

 

 

1.       Permasalahan yang muncul pada saat pelaksanaan AN :

………………………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………………………

 

2.       Catatan tindak lanjut :

 

…………………………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

3.       Kesimpulan :

 

…………………………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………………………

                                                                                                                  …………………, ………………………..

 

Mengetahui Kepala Sekolah :                                                               Tim Monitoring,

 

……………………………….                                              1…………………………….        (……………)

                              

NIP.                                                                                     2…………………………….         (……………)

Pelaksanaan monitor dan evaluasi ini berjalan dengan lancar karna sekolah mampu menyajikan dan menunjukan instrumen instrumen yang diminta oleh tiem monitoring.

diakhir kata semoga kegiatan ini dapat membawa kebaikan bagi sekolah dan juga mutu sekolah.amin

Tags :

bm

ALI GHUFRON

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah SMA Dararusy

  • Ali Ghufron
  • 04 Agustus 1989
  • Lampung Tengah
  • info@smasdarusysyafaah.sch.id
  • +6285366146833