Monitoring Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Asasmen Nasional 2021
Monitoring adalah aktifitas yang ditujukan untuk memberikan informasi tentang sebab dan akibat dari suatu kebijakan yang sedang dilaksanakan.
Monitoring diperlukan agar kesalahan awal dapat segera diketahui dan dapat dilakukan tindakan perbaikan, sehingga mengurangi risiko yang lebih besar
Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Lampung Tengah Nomor 009/MKKS/SMA/LT/2021 Tanggal 24 September 2021. Dan Surat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung nomor 8002464a/V.01/DP.1C/2021 tertanggal 16 September 2021 tentang Monitoring Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Assesmen Nasional (AN) jenjang SMA Tahun 2021., dipandang perlu menerbitkan surat tugas kepada :
NO NAMA KEPALA SEKOLAH UNIT KERJA
1 Iman Abiworo, S.Si. SMAN 1 Trimurjo
2 Hasanudin, S.Pd. SMAN 1 Gunung Sugih
3 R. Surya Damayanti, M.Pd. SMAN 1 Kotagajah
4 Didi Nuryadi, M.Pd SMAN 1 Punggur
5 Dra. Ratnawati, M.Pd. SMAN 1 Terusan Nunyai
6 I Made Sulatra , M.Pd. SMAN 1 Seputih Banyak
7 Renny Liestiawati, M.Pd SMAN 1 Sendang Agung
8 Haryono, M.Pd. SMAN 1 Terbanggi Besar
9 Ali Ghufron, S.Pd. SMAS Darusy Syafaah Kotagajah
10 Ujang Efendi, S.Pd.I. SMAS IT Smart Insani
dari seluruh sekolah lampung tengah pada tingkat SLTA khususnya SMA hanya terdapat 10 sekolah yang dijadwalkan untuk dilakukan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan ANBK 2021 dan hanya 2 sekolah Swasta yang mewakili SMAS Lampung Tengah SMA Darusy syafa'ah merupakan salah satu sekolah yang mewakili sekolah lain untuk dilakukan Monitoring dan Evaluasi ANBK 2021 yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.
ada beberapa Instrumen yang harus dipersiapkan dalam pelaksanaan Monitoring dan evaluasi ini yaitu :
|
|
|
INSTRUMEN
PEMANTAUAN IMPLEMENTASI ASESMEN NASIONAL SMA/MA/SMK/MAK/PAKET C/ULYA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI
LAMPUNG |
Ins. AS /2021 Hal. 1 |
|
||||||||||
Pertanyaan Kuisioner Lengkapilah jawaban atau beri tanda
silang (x) pada jawaban yang anda pilih. Lampirkan berkas berupa
softcopy/hardcopy jika diminta petugas. A. TAHAP PERSIAPAN (KEPALA SEKOLAH) 1.
Apakah
Satuan Kerja Saudara pernah mengikuti sosialisasi pelaksanaan AN ? a. Ya b. Tidak, Jika Ya,
sebanyak……………..kali 2.
Apakah
Satuan Pendidikan telah menerima salinan Surat Keputusan Kepala Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan Kab/Kota tentang Panitia AN ? a. Sudah b. Belum * Lampiran SK :
Ada/Tidak, berupa : Softcopy / Hardcopy
3.
Apakah
Saudara telah melaksanakan pembentukan Panitia AN Tinkat Satuan Pendidikan ? a. Ya, SK Nomor
: …………………………………….. b. Tidak * Lampiran SK :
Ada / Tidak, berupa : Softcopy / Hardcopy 4.
Sudahkan
menerbitkan SK Pengawas Ruangan diterbitkan Satuan Pendidikan ? a. Sudah b. Belum Kalau sudah
diterbitkan oleh (Kepala Sekolah/Kepala Dinas Kab/Kota/Kepala Daerah) ? * Lampiran SK :
Ada / Tidak, berupa : Softcopy / Hardcopy B. TAHAP PENYELENGGARAAN AN TAHUN 2021 1.
Apakah
Satuan Pendidikan telah melakukan tryout AN untuk siswa kelas 11? a.
Sudah b.
Belum 2.
Apabila
sudah melakukan tryout untuk siswa kelas 11, berapa kali dilaksanakan ? a.
Satu kali b.
Lebih dari satu kali |
|||||||||||||||
|
|||||||||||||||
|
|
|
INSTRUMEN
PEMANTAUAN IMPLEMENTASI ASESMEN NASIONAL SMA/MA/SMK/MAK/PAKET
C/ULYA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI
LAMPUNG |
Ins. AS /2021 Hal. 2 |
|
||||||||||
C. STANDAR PELAKSANAAN AN TAHUN 2021 |
|||||||||||||||
|
No. |
Indikator
Pemenuhan Standar |
Pemenuhan Pos |
Skor
Pemenuhan Pos |
|||||||||||
Tidak |
Ya |
Kurang |
Baik |
Baik
Sekali |
|||||||||||
|
Program |
||||||||||||||
|
|
1. |
Menetapkan jadwal
kegiatan |
|
|
|
|
|
|||||||
2. |
Menetapkan SK
Panitia dan Pembagian Tugas |
|
|
|
|
|
|||||||||
3. |
Mendeskripsikan
jumlah peserta |
|
|
|
|
|
|||||||||
4. |
Jumlah
peserta…………..orang |
|
|
|
|
|
|||||||||
5. |
Jumlah ruang yang
digunakan (…… ruang) |
|
|
|
|
|
|||||||||
6. |
Jumlah peserta per
ruang (……siswa) |
|
|
|
|
|
|||||||||
7. |
Menggunakan kartu
peserta |
|
|
|
|
|
|||||||||
8. |
Menggunakan daftar
kehadiran siswa |
|
|
|
|
|
|||||||||
9. |
Memiliki tata
tertib siswa |
|
|
|
|
|
|||||||||
|
10. |
Memiliki daftar
pengawas |
|
|
|
|
|
||||||||
|
11. |
Memiliki tata
tertib pengawas,proktor,teknisi |
|
|
|
|
|
||||||||
|
12. |
Menyimpan soal
dengan aman |
|
|
|
|
|
||||||||
|
Pelaksanaan Asesmen
Nasional |
||||||||||||||
|
1. |
Melaksanakan tepat
waktu |
|
|
|
|
|
||||||||
|
2. |
Pelaksanaan tertib |
|
|
|
|
|
||||||||
|
3. |
Moda pelaksanaan AN : Status Pelaksanaan
AN : |
|
|
|
|
|
||||||||
|
4. |
Menempatkan
pengawas tiap ruangan dua orang |
|
|
|
|
|
||||||||
|
5. |
Kehadiran siswa
tercatat lengkap (tanggal…………………………………….) (tidak hadir…………………………..siswa,
karena…………………………..………….) |
|
|
|
|
|
||||||||
|
6. |
Menggunakan Berita
Acara di buat lengkap |
|
|
|
|
|
||||||||
|
7. |
Memiliki ruang
panitia |
|
|
|
|
|
||||||||
|
8. |
Pelaksanaan
kegiatan tertib dan aman |
|
|
|
|
|
||||||||
|
9. |
Memiliki agenda
pelaksanaan harian |
|
|
|
|
|
||||||||
|
10. |
Merespon
permasalahan yang muncul dengan cepat dan tepat |
|
|
|
|
|
||||||||
|
11. |
Ketersediaan
komputer |
|
|
|
|
|
||||||||
|
12. |
Ketersediaan
daya listrik dan internet |
|
|
|
|
|
||||||||
|
13. |
Menerapkan protokol
kesehatan sesuai dengan ketentuan |
|
|
|
|
|
||||||||
|
|||||||||||||||
|
|||||
|
|
|
INSTRUMEN
PEMANTAUAN IMPLEMENTASI ASESMEN NASIONAL SMA/MA/SMK/MAK/PAKET
C/ULYA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI
LAMPUNG |
Ins. AS /2021 Hal. 3 |
|
1. Permasalahan yang muncul pada saat pelaksanaan AN : ……………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………… 2.
Catatan
tindak lanjut : ………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………… 3.
Kesimpulan
: ………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………………
…………………, ……………………….. Mengetahui Kepala Sekolah :
Tim Monitoring, ………………………………. 1……………………………. (……………) NIP. 2……………………………. (……………) Pelaksanaan monitor dan evaluasi ini berjalan dengan lancar karna sekolah mampu menyajikan dan menunjukan instrumen instrumen yang diminta oleh tiem monitoring. diakhir kata semoga kegiatan ini dapat membawa kebaikan bagi sekolah dan juga mutu sekolah.amin |
Tags : informasi

ALI GHUFRON
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah SMA Dararusy
- Ali Ghufron
- 04 Agustus 1989
- Lampung Tengah
- info@smasdarusysyafaah.sch.id
- +6285366146833