RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

BAHASA INGRIS

Sekolah            : SMA Darusy syafa'ah

Mapel                : Bahasa Inggris

Kelas                : X/Ganjil



A.   Tujuan Pembelajaran :

Setelah menyimak penjelasan materi dalam video youtube yang dikirim guru Melalui Grup Telegram/Whatsapp, peserta didik dapat :

-     Mengidentifikasi makna, tujuan komunikasi, struktur teks, dan unsur bahasa yang terdapat dalam teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang terkait dengan jati diri, dan hubungan keluarga sesuai dengan konteks penggunaan.

-     Meminta dan memberi informasi tentang jati diri dan hubungan keluarga dengan menggunakan struktur teks yang tepat sesuai konteks penggunaan.

-     Meminta dan memberi informasi tentang jati diri dan hubungan keluarga dengan menggunakan unsur bahasa (pronoun, subjective, objective, possessive) yang tepat sesuai konteks penggunaan

Memiliki sikap tanggung jawab, kreatif, kerja sama,  dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

B.     Model Pembelajaran & Sumber Belajar

·       STUDYSASTER merupakan sebuah inovasi berupa model pembelajaran untuk mengintegrasikan pendidikan kebencanaan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan tujuan meningkatkan minat siswa belajar kebencanaan

·       Sumber Belajar: Buku Bahasa Inggris Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2017

C.     Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-1 dan Ke-2

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dipandu melalui grup Whatsapp, dan siswa mengisi daftar hadir Online Yang dikirim Guru ke Grup Whatsapp

Melalui Grup Telegram/Whatsapp guru Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Talking about Self.

Melalui Grup Telegram/Whatsapp guru Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh

Kegiatan Inti ( 75 Menit )

Kegiatan Literasi

Melalui Grup Telegram/Whatsapp Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Talking about Self.

Critical Thinking

Melalui Grup Telegram/Whatsapp Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Talking about Self.

Collaboration

Peserta didik bersama orang tua mendiskusikan, mengumpulkan informasi, kemudian melalaui aplikasi ZOOM siswa mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi dengan siswa lain mengenai Talking about Self.

Communication

Melalui Grup Telegram/Whatsapp Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Melalui Grup Telegram/Whatsapp Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Talking about Self.. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (5 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

 

D.     Penilaian Hasil Pembelajaran

·       Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan (SOAL DARING)

·       Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio

 

Mengetahui                                                                                          Kotagajah, …..Juli 20..

Kepala Sekolah,                                                                                 Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

ALI GHUFRON,S.Pd                                                        Fitri Larasari,S.Pd

NIP.                                                                                                        NIP.  

Belum ada Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel