Minggu, 11 Juli 2021

IHT Perangkat Pembelajaran SMA DARUSY SYAFA'AH

 

Assalamualaikum.wr.wb

Hari ini 11 Juli 2021 SMA Darusy Syafa'ah kotagajah melaksanakan Rencana Pengembangan Sekolah dengan melaksanakan IHT Pembuatan Perangkat Pembelajaran dalam satu Aplikasi.
 IHT ini sebenarnya sudah akan dilaksanankan di bulan lalu yakni bulan Juni namun karna adanya sesuatu hal akhirnya acara IHT ini baru terlaksana hari ini.

Latar Belakang Masalah

Perangkat pembelajaran adalah suatu keniscayaan bagi seorang guru karna tanpa adanya perangkat pembelajaran maka pembelajaran dikelas akan tidak terarah. Oleh karna itu untuk menyamakan persepsi dalam pembuatan perangkat pembelajaran SMA Darusy syafa’ah akan melaksanakan IHT Pembuatan perangkat pembelajaran dalam aplikasi.


Tujuan dan Indikator Keberhasilan

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Guru dalam membuat perangkat pembelajaran di SMA Darusy syafa’ah Kotagajah. Adapun indikator keberasilan sebagai berikut :

1.    Bagi Guru

a.       Guru mampu membuat perangkat pembelajaran dengan baik dan benar

b.      Guru menjadi lebih tertib dalam membuat perangkat pembelajaran karena dalam 1 format yang sama

c.       Guru lebih mudah dalam melaksanakan KBM

d.    Guru mampu membuat Analisis Minggu efektif, Analisis Materi,Analisis Pertemuan, Analisis Tujuan dan Juga Analisis RPP. 

e. Selain itu dewan guru juga mampu dalam menyajikan pemetaan Prosem Prota  Silabus  menentukan KKM Membuat kisi kisi soal dan lain sebagainya.

2.    Bagi siswa

a.       Siswa lebih mudah menerima pelajaran karena pembelajaran memiliki arah dan tujuan yang jelas

b.      Pembelajaran menyenangkan bagi para siswa sehingga motivasi prestasi tinggi 

Program Pengembangan Sekolah

Melaksanakan  In House Training (IHT) Pembuatan perangkat pembelajaran dalam Aplikasi

Langkah-Langkah Kegiatan­­­­

1)      Persiapan/Perencanaan

ü  Menyusun  program pelaksanaan meliputi :

Ø  Rapat kepala sekolah dan waka/team kecil

Ø  Menentukan Panitia IHT Pembuatan Perangkat Pembelajaran dalam 1 Aplikasi dan Anggaran

Ø  Menentukan   jadwal Pelaksanaan.

Ø  Menentukan tema/atau topik dalam pelatihan

Ø  Menentukan sasaran

Ø  Menentukan  narasumber

2)      Mensosialisasikan Program peningkatan Kemampuan guru dalam Pembuatan Perangkat Pembelajaran dalam 1 Aplikasi dengan menyelenggarakan  IHT Pembuatan Perangkat Pembelajaran dalam 1 Aplikasi

3)      Pelaksanaan

ü  Mendatangkan tutor/pemateri

ü  Mengadakan IHT Pembuatan Perangkat Pembelajaran dalam 1 Aplikasi

ü  Implementasi Guru

4)      Monitoring

Setelah  pelaksanaan IHT Pembuatan Perangkat Pembelajaran dalam 1 Aplikasi ini berlangsung Kepala Sekolah melakukan monitoring  kegiatan IHT Pembuatan Perangkat Pembelajaran dalam 1 Aplikasi sebagai berikut:

Ø  Menyiapakan instrument monitoring,

Ø  Melaksanakan monitoring kegiatan.

5)      Hasil kegiatan

ü  Guru lebih mudah dalam membuat perangkat pembelajaran

ü  Pembelajaran menyenangkan bagi para siswa sehingga motivasi prestasi tinggi/meningkat

ü  Siswa lebih mudah menerima pelajaran karena pembelajaran tidak monoton

ü  Pembelajarn lebih terarah

6)      Evaluasi

Ø Menyiapkan instrument Monev

Ø Menyiapkan Instrumen Monev

Ø Pelaksanaan Monev Kegiatan Program

Ø Pelaksanaan Evaluasi Pelaksanaan Program

Ø Pelaksanaan Monev Student Wellbeing.

7)      Refleksi

ü  Menganalisis hasil monev

ü  Menganalisis kelebihan dan kekurangan

ü  Menganalisis pendukung dan penghambat

8)      Tindak Lanjut

ü  Mengoptimalkan potensi sekolah

ü  Mencari sosulsi untuk meminimalisir hambatan dan kekurangan dalam melaksanakan program pengembangan sekolah

ü  Setelah di adakan refleksi akan diambil tindak lanjut sesuai dengan hambatan yang di alami guru serta menyusun program tindak lanjut

ü  Mengevaluasi keterlaksanaan kegiatan.

9)      Sumber Daya

Sumber daya yang diperlukan dalam kegiatan peningkatan kompetensi guru di bidang IHT Pembuatan Perangkat Pembelajaran dalam 1 Aplikasi ini antara lain:

1.      Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia yang terlibat dalam IHT Pembuatan Perangkat Pembelajaran dalam 1 Aplikasi  di SMA DArusy Syafa’ah  ini antara lain : Ketua Yayasan Darusy Syafa’ah Kotagajah sebagai Pelindung, Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab, segenap dewan guru Dan Narasumber/pemateri

2.      Sumber daya non manusia

Sumber daya non manusia adalah semua sarana prasarana yang dipakai dalam peningkatan kompetensi guru di bidang Pembuatan Perangkat Pembelajaran dalam 1 Aplikasi  SMA Darusy Syafa’ah Kotagajah  ini antara lain : laptop, Pengeras suara, LCD projector, dll.

A.    Kesimpulan

Simpulan dari pelaksanaan kegiatan pengembangan kemampuan guru dalam Pembuatan Perangkat Pembelajaran dalam 1 Aplikasi adalah sebagai berikut :

1. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan

ü  Menyusun program kegiatan pelatihan

ü   Koordinasi penggunaan sumber daya yang ada di sekolah

ü  Menyusun instrumen IHT Pembuatan Perangkat Pembelajaran dalam 1 Aplikasi monitoring dan evaluasi

ü  Pelaksanaan kegiatan sesuai program

ü  Guru mampu memanfaatkan bahan dan media sekitar sekolah

2. Keberhasilan peningkatan kompetensi kepala sekolah

ü  Kompetensi manajerial, mampu memonitoring, mengevaluasi, pelaporan program sekolah sesuai standar

ü  Dalam kompetensi kewirausahaan, penulis mampu memahami program-program inovatif yang bisa meningkatkan keefektifan sekolah dengan baik, serta mamapu menyusun rencana pengelolaan kegiatan dengan baik

ü  Kemampuan supervisi yang dimiliki diantaranya memahami perencanaan program supervisi akademik yang sesuai dnegan kebutuhan guru serta memahami teknik supervisi

ü  Kompetensi sosial yang didapat  adalah memahami penyusunan program kerjasma dengan pihak lain serta melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap program dan kegiatan kerjasama tersebut.

3. Keberhasilan peningkatan minat belajar peserta didik

ü  Peserta didik aktif bertanya

ü   Peserta didik datang tepat waktu mengikuti pembelajaran

ü  Peserta didik memperhatikan saat diberikan penjelasan oleh guru

ü  Peserta didik mau mengikuti pembelajaran sampai selesai

ü  Peserta didik mampu menyelesaikan tugasnya sampai selesai

ü  Peserta didik mampu menyelesaikan tugasnya sendiri

ü  Peserta didik dapat mengerjakan tugas bersama teman

ü  Peserta didik berani menunjukkan hasil karya yang dibuatnya

ü  Peserta didik mampu menunjukkan sikap peduli

4. Keberhasilan peningkatan student wellbeing

ü  Bertanggung jawab dengan menyelesaikan tugasnya

ü Kegiatan yang diberikan menjadikan anak lebih kreatif

ü Kemampuan menjadi bertambah

ü Mampu menyelesaikan tugas sendiri dengan tekun

ü Bersemangat dalam menyelesaikan tugasnya

ü Mampu bekerjasama dan membant teman dalam melaksanakan kegiatan

ü Dapat menyelesaikan tugas bersama teman

ü Berani menyampaiakn hasil yang dibuat

Mampu mencari penyelesaian tugas yang diberikan Mampu mencoba dan bertanya tentang penyelesaian tugas yang diberikan








Tags :

bm

ALI GHUFRON

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah SMA Dararusy

  • Ali Ghufron
  • 04 Agustus 1989
  • Lampung Tengah
  • info@smasdarusysyafaah.sch.id
  • +6285366146833