EDS SMA DARUSY SYAFA'AH


Evaluasi Diri Sekolah ( EDS )

SMA DARUSY SYAFAAH KOTAGAJAH

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SMA DARUSY SYAFAAH KOTAGAJAH

Jl.Jend.Sudirman No.60 Kotasari 1 Kotagajah Lampung Tengah Kosde Pos 34153

Email :smasdarusysyafaah@gmail.com

KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

LAMPUNG

2021 

KATA PENGANTAR

 

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kejernihan hati dan pikiran sehingga rampung juga Penyusunan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) ini. Penyusunan EDS ini dilakukan karena kebutuhan akan adanya evaluasi terhadap program sekolah yang sistematis dan akurat untuk memecahkan persoalan- persoalan pada setiap standar di sekolah ini saat ini dan ke depan.

 

Dalam penyusunan EDS ini banyak sekali kendala-kendala seperti keterbatasan sumber informasi, tenaga pengola, data yang kurang, buku pedoman terbatas, serta fasilitas belum lengkap. Buku EDS yang ada di tangan Bapak/ Ibu/ Sdr /i ini dapat disusun juga berkat bantuan banyak pihak. Oleh sebab itu terima kasih tak terhingga disampaikan kepada:

1.              Bapak Gubernur Lampung dan jajarannya.

2.              Bapak Kepala Dinas Pendidkan Peovinsi Lampung dan jajrannya.

3.              Pengurus komite SMA Darusy syafaah.

4.              Bapak / Ibu Majelis Guru dan Karyawan SMA Darusy syafaah Kotagajah .

5.              Pengurus OSIS beserta siswa/i SMA Darusy syafaah Kotagajah .

 

Buku ini belumlah sempurna, kritik dan masukan kami perlukan untuk penyempurnaan di masa mendatang. Akhir kata semoga Buku EDS ini bermanfaat.

 Kotagajah 12 Juli 2021 

Kepala,

 ALI GHUFRON,S.Pd.

DAFTARISI

Hal

Kata Pengantar

Daftar isi

Pendahuluan

Standar Sarana dan Prasarana

Apakah sarana sekolah sudah memadai?

Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik?

Standar Isi

Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?

Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi pserta didik?

Standar Proses

Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?

Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif?

Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat?

Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?

Apakah sekolah memenuhi kebutuhan sarana peserta didik?

Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?

4.

Standar Penilaian Pendidikan

4.1.

Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik?

4.2.

Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?

4.3.

Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?

5.

Standar Kompetensi Lulusan

5.1.

Apakah peserta didik dapat mencapai prestasi akademik yang diharapkan?

5.2.

Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi secara penuh sebagai anggota masyarakat?


 

 

Hal

6.

Standar Pengelolaan

6.1.

Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat, dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?

6.2.

Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?

6.3.

Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar

6.4.

Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?

6.5.

Bagaimana cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagai para pendidik dan tenaga kependidikan?

6.6.

Bagaimana cara masyarakat sekitar mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?

 

7.

 

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

7.1.

Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memenuhi?

 

8.

 

Standar Pembiayaan

8.1.

Bagaimana sekolah mengelola keuangan?

8.2.

Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?

8.3.

Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?


Lebih baru Lebih lama