Etika diatas Ilmu (Al adabu Fauqal Ilmi)

الأدب فوق العلم

assalamualiakum.wr.wb
bahwa etika adalah sesuatu yang sangat dijunjung tinggi di negara kita indonesia karna etika atau tatakrama ada diatas ilmu, beberapa hadis telah menjelaskan diantaranya:

وقال أبو علي الدقاق رحمه الله: ترك الأدب موجب للطرد، فمن أساء الأدب على البساط رد إلى الباب، ومن أساء الأدب على الباب رد إلى سياسة الدواب، ذكر ذلك في “نشر المحاسن”

Abu Ali ad-Daqqaq ra dalam kitab Nasyru al-Mahasin berkata; “Meninggalkan adab dapat menyebabkan terlempar, maka barang siapa yang buruk adab (etika)nya saat menginjak permadani (kerajaan), ia akan terlempar kepintu gerbang dan barang siapa yang buruk adab (etika)nya saat berada dipintu gerbang, ia akan terlempar ketempat pelatihan binatang.”

وقال بعضهم لابنه: “يا بني، لأن تتعلم بابًا من الأدب أحب إليَّ من أن تتعلم سبعين بابًا من أبواب العلم. ﺍﮬــ ”

Sebagian ulama berkata: “Wahai anakku! Sesungguhnya kau belajar 1 bab dari masalah adab (etika) lebih aku senangi dari pada kau belajar 70 bab dari bab-bab ilmu”.

ﻛﺎﻥ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻳﻘﻮﻝ : ﻗﺎﻝ ﻟﻲ ﻣﺎﻟﻚ _ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ _ : ﻳﺎ ﻣﺤﻤﺪ ، ﺇﺟﻌﻞ ﻋﻠﻤﻚ ﻣﻠﺤﺎ ﻭﺃﺩﺑﻚ ﺩﻗﻴﻘﺎ . ﺍﮬــ

Al-Imam asy-Syafi’i telah berkata : “Imam Malik berkata kepadaku: “Wahai Muhammad! jadikanlah Ilmumu itu seperti garam dan jadikanlah adab (etika)mu seperti tepung.”

وﻗﺎﻝ ﻋﺒﺪﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺑﻦ ﺍﻟﻘﺎﺳﻢ رحمه الله : ﺧﺪﻣﺖ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻣﺎﻟﻜﺎ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻋﺸﺮﻳﻦ ﺳﻨﺔ، ﻓﻜﺎﻥ ﻣﻨﻬﺎ ﺳﻨﺘﺎﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻭﺛﻤﺎﻧﻲ ﻋﺸﺮﺓ ﺳﻨﺔ ﻓﻲ ﺗﻌﻠّﻢ ﺍﻷﺩﺏ، ﻓﻴﺎ ﻟﻴﺘﻨﻲ ﺟﻌﻠﺖ ﺍﻟﻤــــﺪﺓ ﻛﻠﻬـﺎ ﺃﺩﺑﺎ . ﺍﮬـــ

Abdurrahman bin Qasim ra berkata: “Aku pernah khidmat (mengabdi) kepada Imam Malik selama 20 tahun, dan dari 20 tahun itu hanya 2 tahun aku belajar ilmu dan 18 tahun aku belajar adab (etika), setelah aku mengetahui ilmu adab (etika), aku berandai-andai ingin menjadikan semua waktuku untuk belajar adab (etika).”

Informasi PPDB SMA Darusy syafa'ah Kotagajah  https://www.ppdb.smasdarusysyafaah.sch.id/ 

#SMADA

#SMADASAGA

#SMA Darusy syafa'ah

#CerdasINovatifTakwaAktif


Belum ada Komentar untuk "Etika diatas Ilmu (Al adabu Fauqal Ilmi)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel