Penertian Microsoft Office ~ SMA DARUSY SYAFAAH KOTAGAJAH

Penertian Microsoft Office


 Komputer merupakan perangkat keras yang dapat membantu pekerjaan Anda dalam mengolah data-data. Jika hanya komputer yang bekerja hasilnya tidak akan maksimal.

Pengolahan data dalam komputer membutuhkan aplikasi agar dapat mengolah data sebaik-baiknya. Sehingga data-data yang diperoleh dapat disusun dengan rapi dan mudah dimengerti.

Perangkat lunak atau aplikasi tersebut dinamai microsoft office. Software yang produktif dalam mengolah data dan menghasilkan data. Perangkat inilah yang kemudian akan menjadi topik bahasan dalam artikel ini.

Keberadaan perangkat lunak ini memiliki fungsi yang banyak, ingin tahu seperti apa? Mari secara tuntas dibahas mulai dari pengertian microsoft office hingga fungsinya.



Pengertian Microsoft Office

Microsoft office merupakan jenis software. Microsoft office juga adalah software yang Anda gunakan untuk mengolah, menyimpan dan mengombinasikan data yang berbentuk dokumen. Data yang dapat diolah yakni, data digital berupa huruf, gambar dan angka.

Masing-masing data memiliki perangkat khusus yang diciptakan untuk mengolah. Sehingga memudahkan pengguna komputer dalam memilih dan menyusun data.

Microsoft office sendiri memiliki pengertian paket perangkat lunak yang memiliki peran khusus dalam bidang perkantoran. Hal-hal yang berhubungan dengan data perkantoran akan disimpan secara singkat dan detail didalam microsoft office ini.

Selain digunakan di kantor, microsoft office ini dapat digunakan juga di dunia formal seperti lembaga pendidikan dan lembaga kedinasan karena memudahkan penggunanya dalam memproses pengolahan data dalam bidang yang difokuskan.

Microsoft office ini ditujukan untuk membantu orang-orang dalam pekerjaannya. Oleh karena itu, microsoft office ini di desain dan diciptakan oleh perusahaan perangkat lunak yaitu Microsoft. Perusahaan ini dipimpin oleh Bill Gates. Dan sampai sekarang sudah mencapai kesuksesan tertingginya.

Sejarah Ms. Office

Sejarahnya, pada tahun 1988 Microsoft Office ini diluncurkan oleh Bill Gates di Comdex, Lasc Vegas, paket perangkat lunak ini awalnya dinamai office suite. Kemudian dinamai Office saja. Selanjutnya, Ia mempatenkan nama menjadi microsoft office.

Hingga sekarang Microsoft Office terus diperbarui, bahkan berkembang dengan pesat. Versi dari microsoft Office ini ditandai dengan peluncuran pembaharuannya, seperti microsoft office 2001, 2003 lalu 2007 lalu 2010 hingga yang sekarang terbaru adalah microsoft office 2017.

Microsoft office ini menjadi perangkat lunak utama dalam sebuah komputer, karena komputer tanpa perangkat lunak ini tidak dapat beroperasi secara optimal dalam mengolah, menyimpan dan menyusun data

Jenis-jenis Microsoft Office dan Fungsinya

Di dalam microsoft office sudah ada beberapa paket aplikasi yang memiliki fungsi-fungsi khusus masing-masing. Berikut jenis jenis microsoft office dan fungsinya:

1. Microsoft Office Word

Sesuai namanya microsoft office yang satu ini digunakan untuk mengolah data berupa text atau huruf. Tetapi, microsoft office word juga dapat memasukkan media lainnya ke dalam susunan data yang disusun pada perangkat lunak ini seperti gambar dan animasi.

Tampilan office word ini berupa kertas HVS putih yang kosong, sehingga memudahkan penggunanya dalam menyusun data.

Office Word juga biasa digunakan dalam dunia formal, contohnya seperti membuat jurnal, essay, artikel bahkan skripsi dan paper-paper formal lainnya.

Office Word juga memiliki opsi untuk menentukan posisi paragraf dan batas kertas yang digunakan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir data yang dibuat dalam perangkat lunak ini berantakan, karena Anda dapat menyusunnya dengan baik.

Anda juga dapat mengatur ukuran font dan jenis font yang Anda inginkan dalam perangkat. Selain itu, Anda dapat mewarnai huruf atau kata yang ingin diberikan warna.

Lalu jika Anda membutuhkan list data yang lebih signifikan Anda dapat menggunakan fitur tabel serta numbering atau listing yang otomatis muncul ketika akan memulai numbering pada suatu data yang akan Anda bubuhkan.

2. Microsoft Office Excel

Office Excel merupakan salah satu paket perangkat lunak yang sangat spesifik dalam mengolah data. Namun sebaiknya perangkat ini digunakan untuk mengolah data berupa teks dan angka.

Ciri khas Microsoft Office ini mengolah data dalam bidang matematika. Jika urusan aritmatika sebaiknya menggunakan office excel, karena penghitungannya menggunakan rumus yang sudah disediakan.

Tampilan yang dimiliki office excel yaitu berupa lembaran yang sudah diberikan tabel-tabel, sehingga Anda dapat mengelompokkan data dengan mudah.

Ini memberikan arti bahwa data berupa angka, Anda dapat mengurutkannya bahkan mengakumulasikan nomor-nomor ini dalam satu kolom.

Jika ingin mengolah data berupa angka, klasifikasi benda disarankan agar menggunakan perangkat lunak ini. Hal ini karena untuk kemudahan pengguna.

Anda pun  tidak perlu pusing-pusing mengelompokkan data lagi, karena lembar microsoft excel sudah didesain dengan tabel-tabel yang dibuat untuk menyusun dan mengelompokkan data.

Pengolahan data yang dilakukan di dalam office excel ini juga sangat sering digunakan di dalam pendidikan dan bidang kewirausahaan.

Selain mengolah angka yang kecil, office excel ini juga dapat menghitung nominal yang cukup besar tanpa khawatir salah penghitungan.

Hal ini disebabkan karena office excel di desain sedemikian rupa menyerupai kalkulator, dalam sebuah organisasi juga office excel sangat berguna untuk mengatur pemasukkan dan pengeluaran uang kas dan juga menyusun data anggota.

3. Microsoft Office Power Point

Office power point merupakan satu-satunya perangkat lunak yang paling cocok digunakan untuk kegiatan presentasi, menjelaskan suatu hal yang dapat digambarkan lewat media apapun, misalnya animasi, video, audio bahkan gambar.

Microsoft Office power point ini sangat memduahkan penggunanya untuk menjelaskan suatu ide atau gagasan yang ingin disampaikannya.

Anda dapat membuat lembaran-lembaran presentasi yang menarik dalam perangkat lunak ini. Tampilan yang dimiliki berupa rangkaian-rangkaian halaman yang dapat disinkronisasi dengan halaman lain dengan menggunakan hyperlink.

Jika dalam office word dan excel hanya mengutamakan teks, namun power point ini dapat menggunakan apa saja sebagai media penyampai informasi. Biasanya digunakan dalam presentasi pendidikan, presentasi proyek dan presentasi suatu produk.

Selain itu, di dalam microsoft power point juga terdapat fitur yang dapat digunakan untuk membuat desain grafis. Cara ini cukup praktis jika dibandingkan dengan aplikasi paint.

Office powerpoint ini terdapat pula tabel dengan bermacam-macam variasi dan design. Anda hanya memilih desain tabel mana yang sesuai dengan selera Anda.


untuk siswa/siswi kelas 10  MIPA dan IPS silahkan anda rangkum untuk bahan Penilaian Tengah Semester (PTS)

Trimkasih