Model Format RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim akan ubah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang selama ini menjadi tugas guru. Nadiem akan menetapkan pembuatan RPP bagi guru cukup satu lembar.
Semula, guru harus mengisi sedikitnya 13 komponen dalam RPP. Kini, komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama. Tiga komponen itu memuat dalam satu lembar, jauh lebih sedikit dibanding belasan lembar yang selama ini harus diisi.
Model Format RPP
Sesuai Surat Edaran
Kemendikbud No 14 Tahun 2019 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. ....................................
Nama Satuan Pendidikan : ............................................................................................................
Mata Pelajaran/Tema : ............................................................................................................
Kelas/Semester :
IV/Ganjil : ...........................................................................................................
Materi Pokok : ...........................................................................................................
Alokasi Waktu : ...........................................................................................................
1.
Tujuan Pembelajaran
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
2.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
2.1.
Alat dan Bahan
2.1.1. Alat :
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
2.1.2. Bahan :
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
2.1.3. Pertanyaan
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
2.2. Siswa berlatih praktik
/mengerjakan tugas halaman
buku .....
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian
Pembelajaran
2.4.1. Keseimpulan Pembelajaran
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
2.4.2.
Penilaian
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.................................... 20....
Mangetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas
Kepala Sekolah
=......................................= = .........................................=
NIP NIP
CONTOH RPP 1 LEMBAR MAPEL BAHASA INDONESIA KELAS X
CONTOH
RPP 1 HALAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran |
Sekolah |
Kelas/Semester |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu |
Bahasa Indonesia |
SMA Darusy syafa’ah Kotagajah |
X IPA-IPS/ Gasal |
Teks Laporan Hasil Observasi |
4 X 45 menit |
Kompetensi Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
KD 3.1 Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang
dipresentasikan dengan lisan dan tulis |
3.1.1
Mengidentifikasi laporan
hasil observasi 3.1.2
Menyimpulkan laporan hasil observasi |
KD
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan
interpretasi baik secara lisan maupun
tulis |
4.1.1
menyeleksi isi teks
laporan hasil observasi 4.1.2 Menginterpretasi
isi teks laporan hasil observasi |
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning, peserta didik dapat
mengidentifikasi dan mengintepretasi isi laporan hasil observasi dengan rasa
ingin tahu, tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran.
B. Langkah-langkah Pembelajaran
(model discovery learning)
1.
Peserta
didik mengamati tayangan video dan atau teks yang berisi hasil observasi dan
menjawab pertanyaan terkait hal-hal yang berhubungan dengan isi dari tayangan
video/teks LHO dan menyimpulkannya.
2.
Peserta didik
mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan dari bahan bacaan teks LHO
3.
Peserta
didik bekerja sama dalam kelompok mengumpulkan data/informasi dan membaca
litertur mengenai jenis, isi, ciri, fungsi teks, dan gagasan utama setiap
paragraf teks LHO
4.
Peserta didik mengolah data
yang dihasilkan dari kegiatan pengumpulan data.
5.
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerjanya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
Selanjutnya, memperbaiki hasil diskusi.
6.
Peserta didik menarik
kesimpulan (ciri, fungsi, dan isi teks LHO).
C. Penilaian
1.
Sikap: Observasi saat
pembelajaran tentang rasa ingin tahu, tanggung jawab, komunikatif
2.
Pengetahuan: Tes tertulis bentuk
uraian tentang mengidentifikasi teks laporan hasil
observasi
3.
Keterampilan: Produk hasil
menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi
Kotagajah , ………….
Mengetahui
Kepala
SMA Darusy syafa’ah Kotagajah Guru
Mata Pelajaran
ALI GHUFRON,S.Pd. OLIVIA AJENG PS,S.Pd.
NRKS. 21023L0011202241225313 -
Tags :
SMA DASAGA
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah SMA Dararusy
- Ali Ghufron
- 04 Agustus 1989
- Lampung Tengah
- info@smasdarusysyafaah.sch.id
- +6285366146833