الاثنين، 24 مايو 2021

Model Format RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim akan ubah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang selama ini menjadi tugas guru. Nadiem akan menetapkan pembuatan RPP bagi guru cukup satu lembar.

Semula, guru harus mengisi sedikitnya 13 komponen dalam RPP. Kini, komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama. Tiga komponen itu memuat dalam satu lembar, jauh lebih sedikit dibanding belasan lembar yang selama ini harus diisi.

Model Format RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. ....................................

Nama Satuan Pendidikan         : ............................................................................................................

Mata Pelajaran/Tema                 : ............................................................................................................

Kelas/Semester : IV/Ganjil        : ...........................................................................................................

Materi Pokok                               : ...........................................................................................................

Alokasi Waktu                             : ...........................................................................................................

 

1.   Tujuan Pembelajaran

............................................................................................................................................................

............................................................................................................................................................

............................................................................................................................................................

 

2.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

2.1.   Alat dan Bahan

2.1.1.     Alat     :

..........................................................................................................................................

..........................................................................................................................................

2.1.2.    Bahan :

..........................................................................................................................................

..........................................................................................................................................

2.1.3.    Pertanyaan

..........................................................................................................................................

..........................................................................................................................................

2.2.  Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....

...................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................

2.3.  Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

..................................................................................................................................................

..................................................................................................................................................

2.4.  Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran

2.4.1.    Keseimpulan Pembelajaran

.........................................................................................................................................

.........................................................................................................................................

2.4.2.  Penilaian

.........................................................................................................................................

.........................................................................................................................................

....................................   20....

Mangetahui                                                                    Guru  Mata Pelajaran/Kelas

Kepala Sekolah

 

=......................................=                                                    = .........................................=

NIP                                                                                    NIP

 

CONTOH RPP 1 LEMBAR MAPEL BAHASA INDONESIA KELAS X 

CONTOH RPP 1 HALAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran

Sekolah

Kelas/Semester

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Bahasa

Indonesia

SMA Darusy syafa’ah

Kotagajah

X IPA-IPS/

Gasal

Teks Laporan

Hasil Observasi

4 X 45 menit


Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

KD 3.1 Mengidentifikasi laporan hasil

observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis

3.1.1   Mengidentifikasi laporan hasil observasi

3.1.2   Menyimpulkan laporan hasil observasi

KD 4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi

baik secara lisan maupun tulis

4.1.1   menyeleksi isi teks laporan hasil observasi

4.1.2   Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning, peserta didik dapat mengidentifikasi dan mengintepretasi isi laporan hasil observasi dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran.

B.  Langkah-langkah Pembelajaran (model discovery learning)

1.         Peserta didik mengamati tayangan video dan atau teks yang berisi hasil observasi dan menjawab pertanyaan terkait hal-hal yang berhubungan dengan isi dari tayangan video/teks LHO dan menyimpulkannya.

2.         Peserta didik mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan dari bahan bacaan teks LHO

3.         Peserta didik bekerja sama dalam kelompok mengumpulkan data/informasi dan membaca litertur mengenai jenis, isi, ciri, fungsi teks, dan gagasan utama setiap paragraf teks LHO

4.         Peserta didik mengolah data yang dihasilkan dari kegiatan pengumpulan data.

5.         Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya dan ditanggapi oleh kelompok lain. Selanjutnya, memperbaiki hasil diskusi.

6.         Peserta didik menarik kesimpulan (ciri, fungsi, dan isi teks LHO).

C.  Penilaian

1.       Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang rasa ingin tahu, tanggung jawab, komunikatif

2.      Pengetahuan: Tes tertulis bentuk uraian tentang mengidentifikasi teks laporan hasil observasi

3.       Keterampilan: Produk hasil menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi


Kotagajah , ………….

Mengetahui

Kepala SMA Darusy syafa’ah Kotagajah                                           Guru Mata Pelajaran


ALI GHUFRON,S.Pd.                                                                     OLIVIA AJENG PS,S.Pd.

NRKS. 21023L0011202241225313                                                    -


Tags :

bm

SMA DASAGA

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah SMA Dararusy

  • Ali Ghufron
  • 04 Agustus 1989
  • Lampung Tengah
  • info@smasdarusysyafaah.sch.id
  • +6285366146833