Selasa, 05 April 2022

Eskul (Ekstra Kulikuler) SMA Darusy syafa'ah

 Apa Itu Ekstrakulikuler?

Kegiatan Eskul atau Ekstrakululer adalah kegiatan tambahan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran baik dilakukan dilingkungan sekolah atau diluar lingkungan sekolah dengan tujuan mendapatkan tambahan pengetahuan, wawasan dan ketrampilan  serta membantu dalam membentuk karakter peserta didik  sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 060/U/1993 dan Nomor 080/U/1993, 

kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan di luar jam pelajaran yang tercantum dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, dan dirancang secara khusus agar sesuai dengan faktor minat dan bakat siswa.
Sedangkan menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan, 

kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan. Kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti dan dilaksanakan oleh siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah, bertujuan agar siswa dapat memperkaya dan memperluas diri

Tujuan Ekstrakulikuler

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008 tentang pembinaan kesiswaan, kegiatan ekstrakurikuler memiliki tujuan sebagai berikut.

1. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas.

2. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dari pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan.

3. Mengaktualisasi potensi siswa dalam pencapaian potensi unggulan sesuai bakat dan minat. 

4.Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat mandiri (civil society).


di SMA Darusy syafa'ah Kotagajah terdapat beberapa eskul yang bisa diikuti oleh para peserta didik diantaranya

1

1.PASKIBRA


Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya untuk mengibarkan dan menurunkan Bendera Pusaka (kini duplikat) dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Serta dalam upacara rutin setiap hari senin disekolah. Anggotanya berasal dari pelajar SMA/sederajat kelas 10 dan/atau 11.


2.PRAMUKA


Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia.

Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah "Kepanduan" (Boy Scout). Gerakan Pramuka memiliki kode Kode Kehormatan Pramuka, sebagaimana yang tertuang dalam Anggaran Dasar Pramuka, Gerakan Pramuka memiliki Kode Kehormatan yang terdiri atas janji yang disebut Satya dan Ketentuan Moral yang disebut Darma Kode Kehormatan Pramuka disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmaninya, Yaitu:

Kode Kehormatan Pramuka Siaga terdiri atas Dwisatya dan Dwidarma. Kode Kehormatan Pramuka Penggalang terdiri atas Trisatya Pramuka Penggalang dan Dasadarma.

Kode Kehormatan Pramuka Penegak dan Pandega terdiri atas Trisatya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dan Dasadarma.

Kode Kehormatan Pramuka Dewasa terdiri atas Trisatya Anggota Dewasa dan Dasadarma.

3.JURNALIS DOVIS

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnalis diartikan sebagai orang yang pekerjaannya mengumpulkan serta menulis pemberitaan, baik di media massa cetak, ataupun elektronik,

 

Eskul jurnalistik SMA Darusy syafa’ah Kotagajah adalah sebuah wadah atau organisasi untuk membentuk watak dan kepribadian yang cerdas, kreatif, inovatif mulya dan menyenangkan. Eskul jurnalistik mewujudkan generasi yang berwawasan dan piawai (ahli) dalam menulis dan berkarya, membawa kemasa depan yang lebih cerah. Ekskul jurnalistik dengan prospek kedepan yang lebih jelas dan terjamin bermanfaat.

Jurnalis SMA Darusy syafa’ah Kotagajah  merupkan sebuah eskul yang bergerak dibidang tulis menulis. Didalamnya mencakup kegiatan belajar menulis, mengarang, fotografer, pembentukan karakter, pemupukan jiwa sosial dan network atau kerja sama antar anggota serta melatih jiwa kepemimpinan dan kemandirian siswa.

Eskul Jurnalis SMA Darusy syafa’ah Kotagajah  berdiri sejak tahun 2012 , bertujuan untuk melestarikan budaya literasi khusunya dilingkungan sekolah, berupaya mewujudkan generasi yang kreatif, dan inovatif. Selain itu eskul jurnalis memiliki tugas pokok dalam bidang informasi ataupun publikasi dalam bentuk berita, baik itu berita tentang sekolah maupun tentang peristiwa yang terjadi diluar sekolah. Informasi atau berita tersebut diolah dan disajikan melalui media masa yakni internet (secara online) dan media cetak berupa majalah sekolah serta mempublikasikan melalui mading sekolah.

Eskul jurnalis adalah sebagai jantungnya eskul disekolah, karena keberadaannya akan menyelamatkan sejarah perjalanan maju dan mundurnya sekolah. Karena jurnalis mampu merekam jejak dan segala peritiwa yang terjadi baik berupa tulisan, gambar, audio visual maupun dokumen lainnya yang bisa dijadikan bahan pelajaran atau referensi secara nyata dan dapat dipertanggung jawabkan.

Eskul jurnalis juga mampu mempublikasikan dan mempromosikan sekolah secara global baik dikancah lokal maupun nasional. Dengan demikian keberadaan dan eksistensi serta informasi sekolah dapat dengan mudah diketahui dan diserap oleh masyarakat dan umumnya oleh khalayak ramai.

4.KARYA ILMIYAH REMAJA /KIR

Karya Ilmiah Remaja (KIR) adalah kelompok remaja yang melakukan serangkaian kegiatan yang menghasilkan suatu hasil yang disebut karya ilmiah.

Karya ilmiah itu sendiri mempunyai arti sebagai suatu karya yang dihasilkan melalui cara berpikir yang menurut kaidah penalaran yang logis, sistematis, rasional dan ada koherensi antar bagian-bagiannya. Sebagai suatu kegiatan ekstrakurikuler di SMA Darusy syafa’ah kotagajah  ini merupakan suatu organisasi yang sifatnya terbuka bagi para Peserta didik SMA Darusy syafa’ah kotagajah  yang ingin mengembangkan kreativitas, ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa kini maupun masa mendatang

5.PMR

Palang Merah Remaja (disingkat PMR) SMA Darusy syafa’ah Kotagajah adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI, yang selanjutnya disebut PMR.Terdapat di PMI kota atau kabupaten Kabupaten Lampung Tengah, anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

6.ENGLISH CLUB


English Club adalah tempat dimana siswa siswi SMA Darusy syafa’ah Kotagajah  bisa belajar, berbagi ilmu pengetahuan, dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dalam situasi yang santai dan menyenangkan.

Mengapa harus English Club? Salah satu keuntungan yang akan siswa siswi SMA Darusy syafa’ah Kotagajah  dapatkan dengan mengikuti English Club adalah siswa siswi SMA Darusy syafa’ah Kotagajah  bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu.

Bagi siswa siswi SMA Darusy syafa’ah Kotagajah  yang ingin fasih berbahasa Inggris, English Club-lah jawabannya! English Club menyediakan beberapa program kerja yang akan dilakukan setiap minggunya, seperti divisi (speech, debate, story telling and newscasting), games, SLRW English (Speaking, Listening, Reading and Writing), Quiz dan Learning Grammar. Di English Club, siswa siswi SMA Darusy syafa’ah Kotagajah  akan dibiasakan dengan percakapan sehari-hari menggunakan Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan Speaking siswa siswi SMA Darusy syafa’ah Kotagajah  sehingga siswa siswi SMA Darusy syafa’ah Kotagajah  terbiasa dan tidak canggung saat berbicara Bahasa Inggris.


7.IPNU IPPNU SMA Darusy syafa'ah


Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama didirikan pada 24 Februari 1954 di Semarang. 

Tujuan IPNU adalah terbentuknya pelajar bangsa yang bertaqwa kepada Allah SWT, berilmu, berakhlak mulia dan berwawasan kebangsaan serta bertanggungjawab atas tegak dan terlaksananya syari’at Islam menurut faham ahlussunnah wal jama’ah yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

IPNU selalu berkomitmen untuk menjadi organisasi kepelajaran dengan prinsip belajar, berjuang dan bertaqwa (Trilogi IPNU).

 

Organisasi IPPNU didirikan pada tanggal 2 Maret 1955 di Malang Jawa Timur dengan kepanjangan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama. Mula-mula,

Organisasi ini didirikan untuk melakukan pembinaan dan pengkaderan terhadap remaja putri NU yang masih duduk di bangku sekolah/madrasah tingkat menengah dan tingkat atas serta santri putri yang statusnya setaraf dengan sekolah-sekolah tersebut.

Tags :

bm

SMA DASAGA

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah SMA Dararusy

  • Ali Ghufron
  • 04 Agustus 1989
  • Lampung Tengah
  • info@smasdarusysyafaah.sch.id
  • +6285366146833