Senin, 28 Maret 2022

Tentang Puasa



Tentang Puasa

Syekh agung Muhammad Nawawi Tanara Banten  Bapak Kitab Kuning Indonesia kebanggaan Mang Heru dalam Kitabnya Nihayatuz Zain

ﻭَﻟِﻠﺼَّﻮْﻡِ ﺷُﺮُﻭْﻁٌ ﻟِﻮُﺟُﻮْﺑِﻪِ ﻭَﺷُﺮُﻭْﻁٌ ﻟِﺼِﺤَّﺘِﻪِ ﻭَﺃَﺭْﻛَﺎﻥٌ ﻭَﺳُﻨَﻦٌ ﻭَﻣَﻜْﺮُﻭْﻫَﺎﺕٌ ﻭَمُبْطِلَاﺕٌ

Bagi puasa ada beberapa syarat bagi hukum wajibnya dan beberapa syarat bagi ke absahannya, ada rukun-rukun, sunnah-sunnah, perkara-perkara yang dimakruhkan dan perkara-perkara yang membatalkan.

ﺃَﻣَّﺎ ﺷُﺮُﻭْﻁُ ﻭُﺟُﻮْﺑِﻪِ فَثَلَاثَةٌ الْإِسْلَاﻡُ ﻭَاﻟﺘَّﻜْﻠِﻴْﻒُ ﻭَاﻟْﻘُﺪْﺭَﺓُ ﻋَﻠَﻰ اﻟﺼَّﻮْﻡِ 

Adapun syarat-syarat hukum wajib berpuasa ada 3 :
1. Islam
2. Taklif (baligh dan berakal)
3. Mampu berpuasa

ﻛَﻤَﺎ َﺃﺷَﺎﺭَ ﺇِﻟَﻰ ﺫَﻟِﻚَ اﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﺑِﻘَﻮْﻟِﻪِ (ﻳَﺠِﺐُ ﺻَﻮْﻡُ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﻣُﻜَﻠَّﻒٍ ﻣُﻄِﻴْﻖٍ ﻟَﻪُ)

Sebagaimana mushonnif telah memberi isyarat kepada yang demikian dengan perkataannya : "Wajib berpuasa bulan Ramadhan bagi mukallaf yang mampu berpuasa".

(ﻭَﻓَﺮْﺿُﻪُ) ﺃَﻱْ ﺃَﺭْﻛَﺎﻥُ اﻟﺼَّﻮْﻡِ اِﺛْﻨَﺎﻥِ الْأَوَّﻝُ (ﻧِﻴَّﺔٌ) لَيْلًا (ﻟِﻜُﻞِّ ﻳَﻮْﻡٍ) 

Dan fardhu puasa, maksudnya rukun-rukun puasa ada 2, yang pertama niat di malam hari setiap hari.

ﻭَﻣَﺤَﻠُّﻬَﺎ اﻟْﻘَﻠْﺐُ ﻭَﻳُﺴْﺘَﺤَﺐُّ اﻟﺘَّﻠَﻔُّﻆُ ﺑِﻬَﺎ

Letak niat adalah di hati, dan disunnahkan mengucapkan niat.

 ﻭَﻟَﻮْ ﻧَﺴِﻲَ اﻟﻨِّﻴَّﺔَ لَيْلًا ﻭَﻃَﻠَﻊَ اﻟْﻔَﺠْﺮُ ﻭَﻫُﻮَ ﻧَﺎﺱٍ ﻟَﻢْ ﻳُﺤْﺴَﺐْ ﻟَﻪُ ﺫَﻟِﻚَ اﻟْﻴَﻮْﻡِ ﻟَﻜِﻦْ ﻳَﺠِﺐُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ الْإِﻣْﺴَﺎﻙُ ﺭِﻋَﺎﻳَﺔً ﻟِﺤُﺮْﻣَﺔِ اﻟْﻮَﻗْﺖِ

Seandainya dia melupakan niat pada malam hari dan telah terbit fajar, sedangkan dia adalah yang melupakan niat, maka tidak dihitung puasa pada hari itu, tetapi tetap wajib imsak karena memperhatikan untuk menghormat waktu.
(menghormati bulan Ramadhan).

 

ﻭَﻳُﺴَﻦُّ ﻓِﻲْ ﺃَﻭَّﻝِ اﻟﺸَّﻬْﺮِ ﺃَﻥْ ﻳَﻨْﻮِﻱَ ﺻَﻮْﻡَ ﺟَﻤِﻴْﻌِﻪِ ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﻳُﻐْﻨِﻲ ﻋَﻦْ ﺗَﺠْﺪِﻳْﺪِﻫَﺎ ﻓِﻲْ ﻛُﻞِّ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ ﻋِﻨْﺪَ الْإِﻣَﺎﻡِ ﻣَﺎﻟِﻚٍ ﻓَﻴُﺴَﻦُّ ﺫَﻟِﻚَ ﻋِﻨْﺪَﻧَﺎ لِأَﻧَّﻪُ ﺭُﺑَّﻤَﺎ ﻧَﺴِﻲَ اﻟﺘَّﺒْﻴِﻴْﺖَ ﻓِﻲ ﺑَﻌْﺾِ اﻟﻠَّﻴَﺎﻟِﻲ ﻓَﻴُﻘَﻠِّﺪُ الْإِﻣَﺎﻡَ ﻣَﺎﻟِﻜًﺎ

Dan disunnahkan pada awal bulan berniat puasa satu bulan penuh, dan yang demikian tidak perlu memperbaharui niat di setiap malam menurut Imam Malik, maka disunnahkan mengamalkan yang demikian menurut kami, karena terkadang seseorang lupa memalamkan niat pada sebagian malam-malam, maka dia (boleh) taqlid kepada Imam Malik. (Maksudnya agar puasanya sah ketika lupa berniat di malam hari).

ﻭَﻳُﺸْﺘَﺮَﻁُ ﺃَﻥْ ﻳَﺤْﻀُﺮَ ﻓِﻲْ اﻟﺬِّﻫْﻦِ ﺻِﻔَﺎﺕُ اﻟﺼَّﻮْﻡِ ﻣَﻊَ ﺫَاﺗِﻪِ ﺛُﻢَّ ﻳَﻀُﻢَّ اﻟْﻘَﺼْﺪَ ﺇِﻟَﻰ ﺫَﻟِﻚَ اﻟْﻤَﻌْﻠُﻮْﻡِ 

Dan disyaratkan terlintas di dalam hati sifat-sifat puasa, disertai dzatnya, kemudian menghimpun maksud kepada perkara yang diketahui yang demikian itu

ﻓَﻠَﻮْ ﺧَﻄَﺮَ ﺑِﺒَﺎﻟِﻪِ اﻟْﻜَﻠِﻤَﺎﺕُ ﻣَﻊَ ﺟَﻬْﻠِﻪِ ﻣَﻌْﻨَﺎﻫَﺎ ﻟَﻢْ ﻳَﺼِﺢَّ

Seandainya terlintas di hatinya kalimat-kalimat disertai ketidak tahuannya terhadap maknanya maka tidak sah puasa.
Penjelasan :
Contohnya seperti mengucapkan niat puasa dengan bahasa arab, tapi tidak tahu maknanya, maka tidak sah puasanya.

ﻭَﻣِﻦْ ﺻِﻔَﺎﺕِ اﻟﺼَّﻮْﻡِ ﻛَﻮْﻥُ اﻟﺸَّﻬْﺮِ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﻭَﺇِﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﺤْﻀُﺮْ ﻓِﻲ اﻟﺬِّﻫْﻦِ َﺫَﻟِﻚَ ﻟَﻢْ ﻳَﺤْﺼُﻞْ ﻟَﻪُ اﻟْﻴَﻮْﻡَ الْأَﻭَّﻝَ ﻭَلَا ﻏَﻴْﺮَﻩُ

Dan sebagian dari sifat-sifat puasa adalah keberadaan bulan Ramadhan, dan jika tidak terlintas di dalam hati yang demikian itu, maka tidak tercapai keabsahan puasa baginya pada  hari pertama dan hari selainnya.
Penjelasan :
Misalkan dia berniat puasa tapi tidak tahu sedang berada di bulan apa. Atau dia berniat puasa tapi yang diingat selain bulan Ramadhan. Maka tidak sah puasanya.

(ﻭَﺷُﺮِﻁَ ﻟِﻔَﺮْﺿِﻪِ) ﺃَﻱِ اﻟﺼَّﻮْﻡِ ﻣِﻦْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﻭَﻟَﻮْ ﻣِﻦْ ﺻَﺒِﻲٍّ ﺃَﻭْ ﻏَﻴْﺮِﻩِ ﻛَﻘَﻀَﺎءٍ ﺃَﻭْ ﻛَﻔَﺎﺭَﺓٍ ﺃَﻭِ اﺳْﺘِﺴْﻘَﺎءِ ﺃَﻣْﺮٍ ﺑِﻪِ الْإِﻣَﺎﻡِ ﺃَﻭْ ﻧَﺬْﺭٍ 

Dan disyaratkan bagi kefardhuannya, maksudnya puasa di bulan Ramadhan sekalipun dari anak kecil atau selainnya, seperti puasa qodho, puasa kifarat atau ada perintah dari imam mengerjakan puasa atau puasa nadzar.

(ﺗَﺒْﻴِﻴْﺖٌ) ﻟِﻠﻨِّﻴَّﺔِ ﻟِﻜُﻞِّ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ ﻭَﻟَﻮْ ﻣِﻦْ ﺃَﻭَّﻝِ اﻟﻠَّﻴْﻞِ 

Yaitu : memalamkan niat di setiap malam, sekalipun dari awal malam.
Penjelasan :
Yang dimaksud awal malam adalah waktu maghrib. Sehingga boleh setelah berbuka langsung berniat kembali berpuasa esok hari, supaya tidak lupa.

ﻭَلَا ﻳَﺠِﺐُ اﻟﺘَّﺒْﻴِﻴْﺖُ ﻓِﻲْ ﻧَﻔْﻞِ اﻟﺼَّﻮْﻡِ ﺑَﻞْ ﺗَﺼِﺢُّ ﻧِﻴَّﺘُﻪُ ﻗَﺒْﻞَ اﻟﺰَّﻭَاﻝِ ﺑِﺸَﺮْﻁٍ ﺃَﻥْ لَا ﻳَﺴْﺒُﻘَﻬَﺎ ﻣَﻨَﺎﻑٍ لِلصَّوْﻡِ

dan tidak wajib memalamkan niat di dalam puasa sunnah, bahkan sah niatnya sebelum tergelincir matahari dengan syarat belum melakukan perkara-peraka yang menafikan puasa.
Penjelasan :
Bagi puasa sunnah sah berniat puasa sebelum tergelincir matahari dengan syarat belum melakukan perkara-perkara yang menafikan puasa dari waktu terbit fajar, sepeti : makan, minum, jima', istimna dan semisalnya dari perkara-perkara yang dapat membatalkan puasa.

(ﻭَﺗَﻌْﻴِﻴْﻦُ) ﻓِﻲ اﻟْﻔَﺮْﺽِ اﻟْﻤَﻨْﻮِﻱ ﻛَﺮَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺃَﻭْ ﻧَﺬْﺭٍ ﺃَﻭ ﻗَﻀَﺎءٍ ﺃَﻭْ ﻛَﻔَﺎﺭَﺓٍ ﻭَﻓِﻲْ ﻧَﻔْﻞٍ ﻟَﻪُ ﺳَﺒَﺐٌ

dan (syarat niat puasa yang ke tiga) adalah ta'yin di dalam puasa wajib yang diniatkan seperti puasa bulan Ramadhan atau puasa nadzar atau puasa qadha atau puasa kifarat dan di dalam puasa sunnah yang memiliki sebab.

بِخِلَاﻑِ اﻟﻨَّﻔْﻞِ اﻟْﻤُﺆَﻗَّﺖِ ﻛَﺼَﻮْﻡِ الْإِﺛْﻨَﻴْﻦِ ﻭَﻋَﺮَﻓَﺔَ ﻭَﻋَﺎﺷُﻮْﺭَاءَ ﻭَﺃَﻳَّﺎﻡِ اﻟْﺒِﻴْﺾِ ﻭَﺳِﺘَّﺔٍ ﻣِﻦْ ﺷَﻮَاﻝٍ فَلَا ﻳُﺸْﺘَﺮَﻁُ ﻓِﻴْﻪِ اﻟﺘَّﻌْﻴِﻴْﻦُ لِأَﻥَّ اﻟﺼَّﻮْﻡَ ﻓِﻲْ ﺗِﻠْﻚَ الْأَﻳَّﺎﻡِ ﻣُﻨْﺼَﺮِﻑٌ ﺇِﻟَﻴْﻬَﺎ ﺑَﻞْ ﻟَﻮْ ﻧَﻮَﻯ ﺑِﻪِ ﻏَﻴْﺮَﻫَﺎ ﺣَﺼَﻠَﺖْ ﺃَﻳْﻀًﺎ ﻛَﺘَﺤْﻴَﺔِ اﻟْﻤَﺴْﺠِﺪِ لِأَﻥَّ اﻟْﻤَﻘْﺼُﻮْﺩَ ﻭُﺟُﻮْﺩُ ﺻَﻮْﻡٍ ﻓِﻴْﻬَﺎ

Lain halnya puasa sunnah yang ditentukan waktunya, seperti puasa hari senin, puasa 'Arafah, puasa 'Asyuro, puasa ayyamul bidh dan puasa 6 hari dari bulan Syawal. Maka tidak disyaratkan di dalamnya ta'yin, karena puasa pada hari-hari itu sudah otomatis tercakup kepadanya, bahkan seandainya dia berniat pada hari itu dengan puasa selainnya, maka tercapai juga (pahala) puasa sunnah (pada hari-hari itu), seperti shalat sunnah tahyatul masjid. Karena yang dikehendaki adalah adanya puasa di dalamnya.

ﻭَﻳُﺴْﺘَﺜْﻨَﻰ ﻣِﻦْ ﻭُﺟُﻮْﺏِ اﻟﺘَّﻌْﻴِﻴْﻦِ ﻣَﺎ ﻟَﻮْ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻗَﻀَﺎءُ ﺭَﻣَﻀَﺎﻧَﻴْﻦِ ﺃَﻭْ ﺻَﻮْﻡُ ﻧَﺬْﺭٍ ﺃَﻭْ ﻛَﻔَﺎﺭَﺓٍ ﻣِﻦْ ﺟِﻬَﺎﺕِ ﻣُﺨْﺘَﻠِﻔَﺔٍ 

Dan dikecualikan dari kewajiban ta'yin, yaitu suatu perkara yang seandainya pada perkara itu ada kewajiban mengqadha puasa dua Ramadhan atau puasa nadzar atau puasa kifarat dari beberapa jenis puasa yang berbeda-beda.

ﻓَﻨَﻮَﻯ ﺻَﻮْﻡَ ﻏَﺪٍ ﻋَﻦْ ﻗَﻀَﺎءِ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺃَﻭْ ﺻَﻮْﻡَ ﻧَﺬْﺭٍ ﺃَﻭْ ﻛَﻔَﺎﺭَﺓٍ ﺟَﺎﺯَ ﻭَﺇِﻥْ ﻟَﻢْ ﻳُﻌَﻴِّﻦْ ﻋَﻦْ ﻗَﻀَﺎءِ ﺃَﻳِّﻬُﻤَﺎ ﻓِﻲْ ﻗَﻀَﺎءِ ﺭَﻣَﻀَﺎﻧَﻴْﻦِ ﻭَلَا ﻧَﻮْﻋَﻪُ ﻓِﻲْ اﻟْﺒَﺎﻗِﻲ لِأَﻧَّﻪُ ﻛُﻠُّﻪُ ﺟِﻨْﺲٌ ﻭَاﺣِﺪٌ

Lalu dia berniat puasa esok hari untuk mengqadha puasa bulan Ramadhan atau puasa nadzar atau puasa kifarat, maka yang demikian itu boleh sekalipun tidak menentukan dari puasa qadha bulan Ramadhan tahun yang mana di dalam mengqadha puasa dua Ramadhan dan tidak menentukan jenisnya di dalam puasa yang lain, karena yang demikian itu seluruhnya dianggap jenis yang satu (menurut syariat).

 

ﻭَﻟَﻮْ ﻧَﻮَﻯ ﺻَﻮْﻡَ ﻏَﺪٍ ﻭَﻫُﻮَ ﻳَﻌْﺘَﻘِﺪُﻩُ الْإِﺛْﻨَﻴْﻦِ ﻓَﻜَﺎﻥَ الثَلَاﺛَﺎءَ ﺃَﻭْ ﺻَﻮْﻡَ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﻫَﺬِﻩِ اﻟﺴَّﻨَﺔِ ﻭَﻫُﻮَ ﻳَﻌْﺘَﻘِﺪُﻫَﺎ ﺳَﻨَّﺔَ ثَلَاﺙٍ ﻓَﻜَﺎﻧَﺖْ ﺳَﻨَّﺔَ ﺃَﺭْﺑَﻊٍ ﺻَﺢَّ ﺻَﻮْﻣُﻪُ ﻭَلَا ﻋِﺒْﺮَﺓَ ﺑِﺎﻟﻈَّﻦِّ اﻟْﺒَﻴْﻦِ ﺧَﻄَﺆُﻩُ

Seandainya dia berniat puasa esok hari, dan dia meyakininya hari senin, padahal sebenarnya hari selasa, atau dia berniat puasa bulan Ramadhan tahun ini, dan dia meyakininya tahun 3 H, padahal sebenarnya tahun 4 H, maka sah puasanya, dan perkiraan tidak dianggap apabila sudah jelas kesalahannya.

 بِخِلَاﻑِ ﻣَﺎ ﻟَﻮْ ﻧَﻮَﻯْ ﺻَﻮْﻡَ الثَّلَاثَاءِ ﻟَﻴْﻠَﺔَ الْإِﺛْﻨَﻴْﻦِ ﻭَﻟَﻢْ ﻳَﺨْﻄُﺮْ ﺑِﺒَﺎﻟِﻪِ ﺻَﻮْﻡُ ﻏَﺪٍ ﺃَﻭْ ﺻَﻮْﻡُ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥِ ﺳَﻨَّﺔِ ثَلَاﺙٍ ﻭَﻛَﺎﻧَﺖً ﺳَﻨَّﺔَ ﺃَﺭْﺑَﻊٍ ﻭَﻟَﻢْ ﻳَﺨْﻄُﺮْ ﺑِﺒَﺎﻟِﻪِ اﻟﺴَّﻨَّﺔُ اﻟْﺤَﺎﺿِﺮَﺓُ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ لَا ﻳَﺼِﺢُّ لِأَﻧَّﻪُ ﻟَﻢْ ﻳُﻌَﻴِّﻦِ اﻟْﻮَﻗْﺖَ اﻟَّﺬِﻱْ ﻧَﻮَﻯ ﻓِﻲْ ََﻟَﻴْﻠَﺘِﻪِ 

Lain halnya seandainya dia berpuasa pada hari selasa malam senin, dan tidak terlintas di hatinya puasa esok hari atau dia berpuasa bulan Ramadhan tahun 3 H, padahal sebenarnya tahun 4 H, dan tidak terlintas di hatinya tahun yang hadir, maka yang demikian tidak sah puasanya, karena tidak ta'yin waktu yang mana dia berniat di malam harinya.

ﻭَﻟَﻮْ ﻧَﻮَﻯ ﺻَﻮْﻡَ ﻏَﺪٍ ﻳَﻮْﻡَ الْأَﺣَﺪِ مَثَلًا ﻭَﻫُﻮَ ﻏَﻴْﺮُﻩُ ﻓَﺎلْأَﻭْﺟَﻪُ اﻟﺼِّﺤَﺔُ ﻣِﻦَ اﻟْﻐَﺎﻟِﻂِ لَا اﻟْﻌَﺎﻣِﺪِ لِتَلَاﻋُﺒِﻪِ

Dan seandainya dia berniat puasa esok hari pada hari minggu misalkan, dan hari itu sebenarnya selain hari minggu, maka menurut pendapat yang paling kuat adalah sah dari orang yang keliru (tidak sengaja), tidak sah bagi yang sengaja karena ketidak seriusannya (main-main).
 :

ﻭَﺧَﺮَﺝَ ﺑِﺎﻟﺘَّﻌْﻴِﻴْﻦِ ﻣَﺎ ﻟَﻮْ ﻧَﻮَﻯ اﻟﺼَّﻮْﻡَ ﻋَﻦْ ﻓَﺮْﺿِﻪِ ﺃَﻭْ ﻋَﻦْ ﻓَﺮْﺽِ ﻭَﻗْﺘِﻪِ

Dan telah keluar dari definisi ta'yin, yaitu seandainya dia berniat "..(saya berniat puasa) untuk menunaikan kefardhuannya", atau "..kefardhuan waktunya."

فَلَا ﻳَﻜْﻔِﻲ لِأَﻧَّﻪُ ﻓِﻲ الْأُﻭْﻟَﻰ ﻳَﺤْﺘَﻤِﻞُ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ ﻭَﻏَﻴْﺮُﻩُ ﻭَﻓِﻲ اﻟﺜَّﺎﻧِﻴَّﺔِ ﻳَﺤْﺘَﻤِﻞُ اﻟْﻘَﻀَﺎءُ ﻭَالْأَﺩَاءُ

Maka yang demikian tidak cukup karena di dalam niat yang pertama tidak jelas antara bulan Ramadhan dan selain bulan Ramadhan, sedangkan di dalam niat yang kedua tidak jelas antara puasa Qadha dan puasa tunai.

ﻭَﺃَﻗَﻞُّ اﻟﺘَّﻌْﻴِﻴْﻦِ ﻫُﻨَﺎ ﺃَﻥْ ﻳَﻨْﻮِﻱَ ﺻَﻮْﻡَ ﻏَﺪٍ ﻋَﻦْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ 

Paling sedikit ta'yin disana adalah dia berniat puasa esok hari dari bulan Ramadhan.

ﻭَلَا ﻳُﺸْﺘَﺮَﻁُ اﻟﺘَّﻌَﺮُّﺽُ ﻟِﻠْﻐَﺪِ ﺑِﺨُﺼُﻮْﺻِﻪِ ﻟِﺤُﺼُﻮْﻝِ اﻟﺘَّﻌْﻴِﻴْﻦِ ﺩُﻭْﻧَﻪُ ﻛَﺄَﻥْ ﻳَﻘُﻮْﻝَ اﻟْﺨَﻤِﻴْﺲَ مَثَلًا ﻋَﻦْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺃَﻭْ ﻳَﻘُﻮْﻝُ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺑِﺪُﻭْﻥِ ﺫِﻛْﺮِ ﻳَﻮْﻡٍ

Dan tidak disyaratkan terlintas "esok hari" dengan kekhususannya agar tercapai ta'yin tanpanya, seperti berkata hari kamis misalkan dari bulan Ramadhan, atau berkata bulan Ramadhan tanpa menuturkan hari.

 ﻭَﺇِﻧَّﻤَﺎ ﻫُﻮَ ﻣِﺜَﺎﻝٌ ﻟِﻠﺘَّﺒْﻴِﻴْﺖِ ﺑَﻞْ ﻳَﻜْﻔِﻲْ ﻧِﻴَّﺔُ ﺩُﺧُﻮْﻟِﻪِ ﻓِﻲْ ﺻَﻮْﻡِ اﻟﺸَّﻬْﺮِ

Dan pastinya yang demikian adalah contoh contoh untuk tabyit, bahkan mencukupi niat masuknya di dalam bulan puasa.

(ﻭَﺃَﻛْﻤَﻠُﻬَﺎ) ﺃَﻱ اﻟﻨِّﻴَّﺔُ ﻭَﻋِﺒَﺎﺭَﺓُ اﻟْﻤِﻨْﻬَﺎﺝِ ﻛَﺎﻟْﻤُﺤَﺮِّﺭِ ﻛَﻤَﺎﻝُ اﻟﺘَّﻌْﻴِﻴْﻦِ 

Dan paling sempurnanya, maksudnya niat, sedangkan ibaroh kitab Al Minhaj sama seperti kitab Al Muharrir, yaitu sempurna ta'yin :

(ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺻَﻮْﻡَ ﻏَﺪٍ ﻋَﻦْ ﺃَﺩَاءِ ﻓَﺮْﺽِ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥِ ﻫَﺬِﻩِ اﻟﺴَّﻨَﺔِ ﻟِﻠﻪ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ) ﺇِﻳْﻤَﺎﻧًﺎ ﻭَاﺣْﺘِﺴَﺎﺑًﺎ 

Aku berniat puasa esok hari menunaikan fardhu Ramadhan tahun ini karena Allah ta'ala, karena keimanan dan mengharap pahala di sisi Allah.

ﺑِﺈِﺿَﺎﻓَﺔِ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺇِﻟَﻰ ﻣَﺎ ﺑَﻌْﺪَﻫَﺎ ﻟِﺘَﺘَﻤَﻴَّﺰَ ﻋَﻦْ ﺃَﺿْﺪَاﺩِﻫَﺎ 

Dengan mengidhofatkan lafadz Ramadhan (menjadi Ramadhoni) kepada lafadz sesudahnya agar terbedakan dari bulan Ramadhan tahun lainnya.

ﻭَﻳُﻐْﻨِﻲْ ﻋَﻦْ ﺫِﻛْﺮِ الْأَﺩَاءِ ﺃَﻥْ ﻳَﻘُﻮْﻝَ ﻋَﻦْ ﻫَﺬَا اﻟﺮَّﻣَﻀَﺎﻥِ 

Dan mencukupi (untuk mengganti) penuturan menunaikan, yaitu dia berkata Ramadhan ini.

ﻭَاﺣْﺘَﻴَﺞَ ﻟِﺬِﻛْﺮِﻩِ ﻣَﻊَ ﻫَﺬِﻩِ اﻟﺴَّﻨَﺔِ ﻭَﺇِﻥِ اﺗَّﺤَﺪَ ﻣُﺤْﺘَﺮِﺯُﻫَﻤَﺎ ﺇِﺫْ ﻓَﺮْﺽُ ﻏَﻴْﺮِ ﻫَﺬِﻩِ اﻟﺴَّﻨَﺔِ لَا ﻳَﻜُﻮْﻥُ ﺇِلَّا ﻗَﻀَﺎءٌ لِأَﻥَّ ﻟَﻔْﻆَ الْأَﺩَاءِ ﻳُﻄْﻠَﻖُ ﻭَﻳُﺮَاﺩُ ﺑِﻪِ اﻟْﻔِﻌْﻞُ ﻛَﺬَا ﻗَﺎﻟَﻪُ اﻟﺮَّﻣْﻠِﻲُّ

Dan yang demikian menjadi butuh bagi penuturannya disertai lafadz tahun ini (ِهَذِهِ السَّنَّة) sekalipun yang menjaga keduanya sudah menjadi satu, karena fardhu tahun ini tidak ada kecuali Qadha, karena lafadz Al Ada dimutlakkan, dan dikehendaki dengannya perbuatan, sama seperti yang telah dikatakan Ar Romli.

Tags :

bm

SMA DASAGA

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah SMA Dararusy

  • Ali Ghufron
  • 04 Agustus 1989
  • Lampung Tengah
  • info@smasdarusysyafaah.sch.id
  • +6285366146833